border=

Lagi, Indonesia Ekspor Bawang Merah ke Singapura 6 Ribu Ton

ekspor bawang merah ke singapura
(Indonesia kembali ekspor bawang merah ke Singapura. Image : hortikultura.pertanian.go.id)

Pomidor.id – Upaya pemerintah untuk menggenjot produktivitas sektor pertanian terus menunjukkan perkembangan yang menggembirakan. Hari ini, Senin, (9/7), Indonesia kembali melakukan ekspor bawang merah ke Singapura sebanyak 6 ribu ton. Ekspor bawang merah tersebut dilakukan oleh PT Aman Buana Putera, Surabaya, Jawa Timur.

Menurut Direktur Jenderal Hortikultura, Suwandi, ekspor bawang merah ke Singapura membuktikan Indonesia mampu membalikkan keadaan dari negara importir menjadi negara eksportir pada komoditas tersebut.

 border=

“Hari ini kita kembali membuktikan dengan ekspor bawang merah ke Singapura,” jelas Suwandi saat melepas ekspor komoditas pertanian tersebut di Surabaya.

Baca Juga : Hore… Indonesia Sudah Bisa Ekspor Bawang Merah

Suwandi menambahkan kualitas produksi pertanian juga harus ditingkatkan sehingga lebih kompetitif bersaing dengan negara lain. Produk pertanian yang berorientasi ekspor akan berkorelasi positif dengan kenaikan devisa serta peningkatan kesejahteraan rakyat.

 border=

Ia berharap di tahun 2018 ini ekspor komoditas hortikultura lebih baik dibanding tahun sebelumnya.

“Ekspor dari Surabaya ini saja sudah ribuan ton. Jika tahun lalu ekspor secara nasional sebesar 7.750 ton, tahun ini PT Aman Buana Sejahtera saja sanggup ekspor 6 ribu ton. Artinya ini akan naik dua kali lipat,” jelas Suwandi.

Tak hanya Singapura, PT Aman Buana Putera juga akan mengekspor secara bertahap 6 ribu ton bawang merah ke Malaysia, Thailand dan Vietnam.

Dalam penyediaan suplai bawang merah, perusahaan bekerja sama dengan petani di Malang, Probolinggo dan Bima, NTB.

Kolaborasi antara petani dan pengusaha ini membentuk pola sinergis yang baik untuk pemenuhan pasokan. Sedangkan peran pemerintah selain sebagai regulator adalah mendorong pelaksanaan manajemen tanam.

Baca Juga : Lanjut, Ekspor Rumput Laut Indonesia ke AS

Berdasarkan data dari Dirjen Hortikultura Kementerian Pertanian, tahun 2016 pemerintah telah menyetop total impor bawang merah. Di tahun 2017, Indonesia bahkan sudah mampu melakukan ekspor ke beberapa negara tetangga.

Hasil ini tentu menggembirakan karena tahun 2014 impor bawang merah Indonesia mencapai 74.903 ton. Setahun kemudian, di tahun 2015, impor menurun drastis menjadi 17.428 ton.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan