border=

Mesir Tanam Sejuta Pohon Buah di Tempat Publik dan Daerah Miskin

sejuta pohon buah di Mesir
(Tanaman jeruk manis seperti ini tak lama lagi akan menghiasi berbagai tempat umum dan daerah kantong-kantong kemiskinan di Mesir. Ini karena pemerintah negeri seribu piramid itu meluncurkan kampanye penanaman sejuta pohon. Image : pinterest.com)

Pomidor.id – Inisiatif Presiden Mesir, Abdel Fattah al-Sisi, untuk menanam sejuta pohon buah di daerah miskin dan tempat-tempat publik seperti taman, lapangan umum, sekolah dan pinggir-pinggir jalan, mulai dilaksanakan serentak. Selain memudahkan warga kurang mampu mengakses buah-buahan yang sulit mereka beli, hal itu juga dimaksudkan untuk mengurangi dampak perubahan iklim.

Menurut Ketua Gabungan Pengusaha Pertanian Mesir, Sayyed Khalifa, kampanye penanaman sejuta pohon buah dimulai di lima wilayah Old Cairo dan 10 daerah miskin di Imbaba yang terletak di pinggiran ibukota Kairo.

 border=

Sebagaimana dilansir laman setempat, pohon buah yang ditanam antara lain, lemon, jeruk keprok dan jeruk manis.

Baca Juga : Cendekiawan Muslim Agar Bantu Penyelamatan Lingkungan

Sayyed Khalifa menuturkan, proyek penanaman sejuta pohon tersebut akan dilakukan di seluruh propinsi dan diberi tenggat waktu pelaksanaannya. Beberapa pihak yang terlibat adalah organisasi pertanian, koalisi Cinta Mesir, pemerintahan lokal serta organisasi-organisasi profesional lainnya.

 border=

Kebijakan ini memiliki dua tujuan. Pertama, memberi akses alternatif makanan pada warga kurang mampu. Kedua, mengurangi efek perubahan iklim sekaligus mengedukasi kalangan generasi muda tentang pentingnya peranan pepohonan dalam menyuplai udara segar di lingkungan sekitar.

Lebih lanjut Sayyed Khalifa mengatakan telah mengundang Menteri Pemuda dan Lingkungan dan para pengusaha lainnya. Mereka diharapkan ikut berpartisipasi menyukseskan kampanye yang dilakukan secara nasional tersebut demi warga miskin dan menjaga lingkungan.

Kementerian Lingkungan Hidup dan Pendidikan Tinggi tak ketinggalan akan turut ambil bagian dalam kampanye tersebut, bersama dengan kementerian-kementerian terkait lainnya yang peduli dengan masalah lingkungan.

Baca Juga : LSM Lingkungan Gagas Penghijauan Gurun Sahara

Tak kalah pentingnya, Sayyed Khalifa menekankan vitalnya kontribusi sektor swasta dalam kebijakan pemerintah Mesir. Terutama yang berkenaan dengan perubahan iklim dan proses penggurunan serta tingginya tingkat urbanisasi yang dihadapi negara para Firaun itu.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan