border=

RI-AS Tandatangani Kesepakatan Akses Masuk Kentang Segar ke Indonesia

kentang segar AS
(Penandatangan kesepakatan akses masuk kentang antara Indonesia dan Amerika Serikat membuat kentang segar asal AS lebih leluasa masuk ke pasar Indonesia. Image : potatoesusa.com)

Pomidor.id – Indonesia dan Amerika Serikat bulan lalu menandatangani kesepakatan akses pasar yang memungkinkan kentang segar asal AS masuk ke pasar Indonesia setelah melalui serangkaian persyaratan phytosanitary yang ditetapkan. Akses pasar tak hanya untuk kentang segar, namun juga mencakup kentang olahan dan kentang siap saji.

Kesepakatan antar kedua negara tercapai setelah empat tahun perundingan. Meski demikian, untuk akses ke pasar Indonesia, petani kentang dan eksportir AS harus mengikuti persyaratan protokol keamanan ketat yang ditetapkan karantina Indonesia.

 border=

Protokol keamanan tersebut termasuk benih kentang bersertifikat, tindakan cepat mengatasi setiap hama yang berpotensi masuk ke negara tujuan serta memantau dan menghindari kentang yang sudah bertunas/berkecambah sebelum diekspor.

Sedangkan importir Indonesia diwajibkan mendapatkan ijin impor dari otoritas yanb berwenang sebelum mendatangkan kentang segar dari AS.

Baca Juga : Jaga Keamanan dan Kedaulatan Pangan, Hakim Meksiko Cekal Kentang AS

 border=

Kesepakatan tersebut juga mencantumkan pelabuhan mana saja di Indonesia yang diperbolehkan menerima kentang segar dari Amerika Serikat. Pelabuhan yang ditunjuk akan dilengkapi dengan peralatan khusus untuk memonitor masuknya kentang dari AS ke Indonesia.

Rincian kesepakatan akan diedarkan ke seluruh pihak yang terkait, baik itu ke petani AS, importir maupun eksportir.

Data dari Asosiasi Kentang AS, Indonesia yang berpenduduk 261 juta jiwa merupakan pasar terbesar kentang asal negeri Paman Sam itu di Asia Tenggara. Namun pasar Indonesia selama ini tidak tergarap maksimal karena sebelumnya AS belum mendapatkan akses pasar secara formal.

Ditandatanganinya kesepakatan antar kedua negara akan membuat lebih luas akses masuknya kentang segar asal AS ke pasar Indonesia.

Di tahun 2017, ekspor kentang dan produk turunan kentang lainnya dari AS ke Indonesia bernilai sekitar USD 27 juta.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan