Apel Merah atau Hijau, Manakah yang Lebih Bernutrisi?

Apel merah atau hijau
(Apel merah dan apel hijau sedikit berbeda kandungan nutrisinya tapi sama-sama bermanfaat bagi kesehatan. Image : shutterstock.com)

Pomidor.id – Apel merupakan salah satu buah favorit banyak orang. Warna kulitnya pun bermacam-macam. Ada yang merah, hijau, campuran keduanya atau warna yang lain. Meski sama-sama mengandung bejibun manfaat untuk kesehatan, terkadang timbul pertanyaan, manakah kira-kira yang lebih bernutrisi, apel merah atau hijau?

Mungkin sebagian dari kita sudah tidak asing dengan istilah “apple to apple”. Sebuah istilah yang mengacu pada pembandingan antara dua hal yang sejenis dan seimbang. Misalnya saja membandingkan dua motor skutik dari dua merk berbeda namun tahun pembuatan dan cc-nya sama.

Nah, bagaimana jika pembandingan itu diterapkan pada dua buah apel beneran yang kulitnya berbeda warna, apel merah dan hijau? Apakah ada perbedaan kandungan nutrisinya? Kalau pun ada, mana yang lebih kaya nutrisi dan bermanfaat bagi kesehatan?

Baca Juga : Konsumsi Tomat dan Apel Perbaiki Paru-Paru Mantan Perokok

Menurut ahli gizi Fiona Tuck, baik apel merah atau hijau sebenarnya sama-sama kaya nutrisi dan bermanfaat banyak bagi kesehatan.

“Secara umum, perbedaannya terhadap manfaat kesehatan tidaklah signifikan. Apel hijau memang mengandung lebih banyak serat, tapi kandungan kalori dan karbohidratnya tidak sebanyak apel merah,” ujar Tuck.

Selain serat, apel hijau juga mengandung polifenol yang dapat meningkatkan bakteri menguntungkan pada usus. Bakteri menguntungkan ini umumnya berkurang pada orang dengan berat badan berlebih alias obesitas. Kurangnya bakteri menguntungkan ini dapat meningkatkan resiko gangguan metabolik dan peradangan. Efek buruk tersebut dapat dihindari dengan rutin mengkonsumsi apel hijau.

Meski demikian, Tuck menambahkan, dari sisi antioksidan apel merah sedikit lebih unggul. Hal ini karena adanya antosianin yang memberikan warna merah pada apel tersebut. Antosianin juga bertindak sebagai anti radang, antivirus dan menghambat kanker.

“Apel merah kaya akan antioksidan, pektin, quercitin dan flavonoid untuk melindungi sel-sel di tubuh kita dari kerusakan oksidatif,” jelasnya.

Pilih yang mana ya
(“Ga usah bingung, Neng. Sama-sama baik untuk kesehatan, kok”. Image : shutterstock.com)

Baca Juga : Alpukat dan Pisang Perkuat Memori Mimpi

Dari penjelasan Tuck di atas, apel merah atau hijau mempunyai kelebihan masing-masing. Sekarang tergantung kebutuhan. Jika niatnya untuk diet dan menjaga kadar gula darah, apel hijau pilihannya.

Tapi jika maunya untuk meningkatkan antioksidan dan mencegah penuaan dini, apel merah adalah alternatif yang lebih baik.

Yang patut diperhatikan, kedua apel ini sama-sama baik bagi kesehatan. Mengkonsumsinya secara bergantian akan menambah nutrisi dan manfaatnya.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan