border=

Buwas: Gudang Bulog Penuh, Tak Mampu Lagi Tampung Beras

Gudang Bulog Penuh
(Gudang beras Bulog sudah penuh hingga tak mampu lagi menampung beras petani. Image : bulog.co.id)

Pomidor.id – Direktur Utama Perum Bulog, Budi Waseso, menyatakan bahwa stok beras Bulog saat ini sangat melimpah. Nyaris seluruh gudang Bulog sudah penuh hingga tak mampu lagi menampung beras yang baru diserap dari petani.

“Hari ini pun kita sudah tidak mampu lagi menampung beras-beras yang ada di gudang-gudang kita, sudah penuh. Gudang kita itu bisa menampung riil itu 3,2 juta ton, nah sekarang sudah penuh semua,” ujar Budi Waseso atau yang akrab disapa Buwas, Rabu (8/8).

 border=

Hingga September mendatang, lanjut Buwas, pengadaan beras Bulog dari dalam negeri akan bertambah lagi hingga 1 juta ton.

“Dengan sisa barang yang akan kita serap lagi, kurang lebih 1 juta ton dari dalam negeri sampai September. Jadi sebenarnya beras kita di gudang sudah pasti ada 4 juta ton lebih, jadi kita kuat kok,” ujarnya dalam rilis resmi Bulog.

Baca Juga : Kabulog Jamin Stok Beras Aman Hingga Akhir Tahun

 border=

Untuk menampung surplus beras, Buwas mengaku sampai meminjam gudang-gudang milik swasta dan instansi lain.

“Kita akan memanfaatkan gudang-gudang yang ada punya swasta, punya instansi yang tidak terpakai akan kita manfaatkan untuk menyimpan beras,” ucapnya.

Melihat pengadaan dari dalam negeri dan jumlah stok saat ini, Buwas kembali menegaskan bahwa tidak perlu ada tambahan impor beras. Apalagi gudang Bulog sudah penuh.

“Sampai saat ini sih belum. Saya sudah hitung dengan Direktur Pengadaan. Saya lihat posisi saat panen dengan pasca panen, saya sudah hitung secara keseluruhan di Tanah Air. Jadi perlu tidaknya impor itu kita pertimbangkan. Kalau menurut saya, hitungan sementara kita enggak perlu impor karena dari dalam negeri sudah sangat banyak,” pungkasnya.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan