Cargill Buka Pusat Teknologi untuk Budidaya Perikanan Air Tawar di Indonesia

budidaya perikanan air tawar
(Gurame termasuk jenis ikan air tawar yang dibudidayakan di Pusat Aplikasi Teknologi yang dibangun Cargill di Jawa Barat. Image : pomidor.id)

Pomidor.id – Cargill baru-baru ini membuka Pusat Aplikasi Teknologi (TAC) perikanan di Indonesia. Fasilitas yang berlokasi di Ciseeng, Parung, Bogor, Jawa Barat itu ditujukan untuk mendukung produktivitas budidaya perikanan air tawar serta standar pemberian pakan yang tepat. Ciseeng dipilih karena tempat tersebut merupakan sentra budidaya perikanan air tawar di Indonesia.

TAC atau The Technology Application Center juga akan menyediakan sarana pelatihan bagi peternak lokal, sekaligus ajang diskusi seputar pengetahuan pemberian pakan dan praktik pengelolaan budidaya ikan air tawar.

Muat Lebih

“Budidaya perikanan air tawar di Indonesia menunjukkan perkembangan yang pesat berkat tingginya permintaan konsumsi ikan di negara ini,” kata Chad Gauger, Direktur Pelaksana Cargill Aqua Nutrition di Asia Selatan.

Baca Juga : SMART-Fish Permudah Informasi Budidaya Ikan Patin

“Ini (TAC) akan mendukung pengembangan industri budidaya perikanan air tawar dengan melatih para peternak ikan tentang bagaimana meningkatkan produktivitas dan pendapatan mereka,” lanjut Gauger.

Fasilitas Pusat Aplikasi Teknologi perikanan yang dibangun Cargill berada di lahan seluas satu hektar yang dilengkapi dengan delapan kolam besar serta satu set tangki kecil untuk percobaan dalam sistem tertutup.

Fasilitas tersebut dirancang untuk meningkatkan efektifitas pemberian pakan pada berbagai varietas ikan air tawar. Beberapa ikan air tawar yang dibudidayakan di sana adalah patin, lele, nila dan gurame.

Pembangunan TAC Cargill di Ciseeng, Bogor, merupakan yang keempat di Asia Pasifik sepanjang tahun 2018 ini. Secara keseluruhan ada enam fasilitas TAC Cargill Aqua Nutrition, yakni di Thailand, India, Vietnam (2), Indonesia dan China.

Baca Juga : Pemerintah Upayakan Akselerasi Ekspor Udang Vaname

Cargill adalah perusahaan transnasional yang bermarkas di Minneapolis, Minnesota, Amerika Serikat. Dengan lebih dari 155 ribu tenaga profesional yang bekerja di 70 negara, Cargill bergerak di bidang pengembangan pertanian, produksi pangan serta kemudian menghubungkannya ke pasar yang lebih luas.

Tinggalkan Balasan