border=

Menteri Susi Ajak Menghadap ke Laut pada 19 Agustus Lusa

Menteri Susi di UB ajak menghadap ke laut
(Menteri Susi di Universitas Brawijaya, Malang. Dalam kesempatan itu, Menteri Susi mengajak seluruh civitas akademika UB untuk menghadap ke laut tanggal 19 Agustus dan melakukan kegiatan bersih-bersih pantai, danau atau sungai. Image : pomidor.id)

Pomidor.id – Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti mengajak seluruh elemen masyarakat untuk bersama-sama menghadap ke laut pada tanggal 19 Agustus 2018. Ajakan ini disampaikannya saat memberikan kuliah umum di hadapan ribuan mahasiswa baru Universitas Brawijaya di Malang, Selasa (14/8).

Ajakan menghadap ke laut hari Minggu mendatang merupakan respon atas banyaknya sampah plastik yang mencemari lautan Indonesia. Hal ini sekaligus menjadi kampanye pengumpulan sampah plastik oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan.

 border=

Baca Juga : Sampah Plastik Percepat Pemanasan Global

Dalam kesempatan kuliah umum di UB, Menteri Susi mengajak para mahasiswa untuk melakukan aksi nasional bersih-bersih pantai yang dilakukan secara serentak tanggal 19 Agustus lusa. Kegiatan bersih-bersih ini akan dibantu Pandu Laut Nusantara di 73 titik di seluruh Indonesia.

Selain untuk memperingati HUT RI ke-73 yang jatuh pada hari Jum’at, kegiatan bersih-bersih pantai ini juga merupakan upaya meningkatkan kesadaran akan bahaya sampah plastik yang mengotori perairan Indonesia.

 border=

Dalam sebuah jurnal internasional, Indonesia ditempatkan sebagai negara nomor dua terbesar di dunia yang menyumbang sampah plastik di lautan.

Oleh karena itu, Menteri Susi meminta dukungan dari mahasiswa dan dosen untuk menghadap ke laut pada jam 3 sore. Namun jika di wilayah terdekat tidak ada laut, mereka juga bisa melakukannya di sungai atau danau yang tak jauh dari tempat mereka tinggal.

Baca Juga : Menteri Susi Minta Warga Pesisir Jaga Mangrove dan Terumbu Karang

Kegiatan ini hanya berlangsung satu hari saja, yakni mulai jam 3 sore hingga selepas Maghrib. 73 titik yang akan dilakukan kegiatan bersih-bersih tersebar di berbagai daerah seperti Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, Bali, Maluku hingga Papua.

Sejumlah selebritis dikabarkan bakal turut berpartisipasi. Beberapa di antaranya adalah Kaka Slank, Yuni Shara dan Menteri Susi sendiri.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan