Pemberian Asam Humat Percepat Penambahan Bobot pada Ayam Pedaging

Asam Humat untuk Ayam Pedaging
(Pemberian asam humat pada ayam pedaging dapat meningkatkan pertumbuhan dan bobotnya. Image : pomidor.id)

Pomidor.id – Tingginya harga pakan ayam, khususnya ayam pedaging, sempat mengerek harga daging ayam di pasaran hingga hampir dua kali lipat. Untuk mensiasati hal ini, para peternak ayam perlu mencari berbagai alternatif untuk menekan biaya pakan. Salah satunya adalah memberi asam humat pada makanan ayam untuk meningkatkan performa dan bobot ayam pedaging.

Asam humat merupakan hasil dekomposisi bahan-bahan organik dan senyawa yang terkandung dalam “humate substance”. Bahan-bahan organik utama pembentuknya adalah gambut, kompos atau humus. Sedangkan fungsinya antara lain sebagai bahan pembentuk senyawa alami yang membawa mineral, mudah dicerna dan merangsang tumbuhnya mikroba menguntungkan (probiotik).

Baca Juga : Cacing Tanah Sebagai Pakan Ternak Alternatif

Urut2an Pembuatan Asam Humat
(Urut-urutan pembuatan asam humat untuk tambahan pakan ternak ayam pedaging.)

Mengingat terdiri dari bahan organik, asam humat relatif tidak berbahaya dan bermanfaat bagi hewan ternak, khususnya ayam pedaging. Pemberian senyawa ini pada air minum dapat meningkatkan bobot hidup maupun efisiensi penggunaan pakan (FCR) pada ayam pedaging.

Semakin kecil angka FCR berarti semakin bagus. Hal ini menandakan tubuh ayam semakin efisien dalam mengolah pakan menjadi daging.

Sumber asam humat amat berlimpah, terlebih di sekitar daerah pertanian. Sebab ia mudah diperoleh dari limbah pertanian dan kompos yang sudah matang.

Sementara sumber lainnya adalah dari lahan gambut dan batubara muda yang banyak bertebaran di Indonesia. Sumatera, Kalimantan dan sebagian Pulau Jawa (khususnya di Rawa Pening, Semarang, Jawa Tengah) adalah daerah-daerah lahan gambut yang sangat luas.

Baca Juga : Bioaktif Lidah Buaya, Alternatif Antibiotik Pada Ayam Petelur

Pemberian asam humat 100 mg/l, 200 mg/l dan 300 mg/l dalam air minum berperan sebagai bahan imbuhan pakan. Dengan takaran yang tepat,  pemberian senyawa ini dapat meningkatkan efisiensi penggunaan pakan, laju pertumbuhan ayam dan persentase karkas.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan