Program Pelatihan untuk Tumbuhkan Minat Kaum Hawa pada Pertanian

Peserta program pelatihan pertanian di Turki
(Peserta program pelatihan “Pengembangan Pertanian dalam Kehidupan Kaum Perempuan di Igdir” Turki. Image : yesiligdir.com)

Pomidor.id – Igdir, sebuah kota pinggiran yang terletak di timur laut Turki belum lama ini menggelar program pelatihan yang bertujuan menumbuhkan minat kaum hawa untuk berkecimpung di dunia pertanian. Program ini turut memberikan informasi dan pengetahuan kepada mereka mengenai seluk beluk produksi pertanian.

Program pelatihan mengenai pertanian ini sudah dimulai November 2017 dan berakhir bulan Juli 2018. Adalah Program Dukungan Sosial dari Pemerintah Turki yang menjadi sponsor utamanya.

Dilansir dari laman Yesil Igdir, Program pelatihan berlangsung 8 bulan dan dipimpin oleh seorang insinyur pertanian wanita. Sedangkan pesertanya mencapai 50 orang.

Baca Juga : Libatkan Perempuan dalam Pengelolaan Sumber Air Bersih

Dalam serangkaian pelatihan yang memakan waktu kurang lebih satu semester tersebut, para peserta menerima  informasi secara detail tentang pertanian organik, metode produksi pertanian, bertani dalam naungan (greenhouse), pembibitan serta mencermati pertumbuhan tanaman (sayuran).

Sebagian peserta bahkan sempat diajak berkunjung ke Antalya, sentra produksi buah dan sayuran di Turki. Selama lima hari mereka berkeliling mengunjungi berbagai greenhouse dan ladang-ladang pertanian di sana.

Sebagai bagian dari dukungan terhadap program pelatihan, telah dibangun fasilitas seluas hampir 500m2 untuk praktik. Sedangkan materi pelatihan menitikberatkan pada budidaya tomat dan mentimun. Setelah menyelesaikan program, seluruh peserta akan mendapatkan sertifikat dari pemerintah setempat.

Baca Juga : KLHK Dukung Kesetaraan Gender dalam Pengelolaan SDA

Program pelatihan ini diharapkan dapat menarik lebih banyak lagi minat kaum perempuan Turki untuk terjun di dunia pertanian. Khususnya di daerah-daerah pedesaan di negara itu.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan