border=

Rusia Sahkan Penerapan Standarisasi Produk Makanan Organik

Standarisasi Produk Makanan Organik
(Demi menjaga kualitas sehingga bisa bersaing di pasar global, Pemerintah Rusia baru-baru ini mengesahkan undang-undang yang mengatur standarisasi produk makanan organik. Image : rt.com)

Pomidor.id – Presiden Rusia, Vladimir Putin, menandatangani undang-undang atau regulasi baru yang mengatur standarisasi produk makanan organik, termasuk penyimpanan dan pengirimannya. Regulasi tersebut juga melarang penggunaan pupuk kimia, pestisida, antibiotik dan hormon perangsang pertumbuhan.

Regulasi yang RUU-nya diajukan awal tahun 2018 dan telah disetujui Parlemen Rusia itu akan berlaku efektif mulai 1 Januari 2020. Di dalamnya termasuk mensosialisasikan referensi baku tentang “produk organik,” “produsen produk organik,” dan “pertanian organik”.

 border=

Regulasi yang sama juga mengatur produksi, penyimpanan, pemberian label, penjualan serta pengangkutan/pengirimannya.

Baca Juga : Geser AS, Rusia Kini Super Power Baru di Sektor Pertanian

Namun regulasi ini tidak mencakup barang-barang seperti parfum, kosmetik, obat-obatan, benih tanaman perhutanan, hasil tangkapan ikan yang tidak khusus dibudidayakan serta perburuan binatang liar.

 border=

Sebenarnya tidak ada yang istimewa dari regulasi yang mengatur standarisasi produk makanan organik tersebut. Pasalnya, 80 negara sudah menerapkannya sejauh ini.

Menurut Perdana Menteri Rusia, Dmitry Medvedev, legalisasi aturan yang sudah diupayakan sejak 15 tahun yang lalu itu untuk membantu negaranya bersaing di pasar global. Rusia berkeinginan menguasai setidaknya 25 persen ceruk pasar global untuk produk makanan organik.

Baca Juga : Indonesia dan Rusia Perkuat Kerja Sama di Bidang Pertanian

Dikutip dari Russian Today, juru bicara Duma (Parlemen Rusia), Vyacheslav Volodin, undang-undang atau regulasi ini juga akan memuat daftar pelaku dan industri organik di negara beruang merah tersebut.

Adanya daftar yang berlaku secara nasional itu akan memudahkan memantau sekaligus langsung mencekal jika ada pihak-pihak yang mencoba bermain tidak “jujur” di industri ini. Hal ini dilakukan demi menjaga kualitas produk organik Rusia, tandas Volodin.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan