Tongkat Kepengurusan APIK Resmi Berpindah Tangan

Pergantian Kepengurusan APIK
(Ketua Umum APIK yang lama, Indra Yuwono, dan Ketua APIK yang baru, Iswahyudi (bertopi hitam), saat pertemuan untuk pergantian kepengurusan asosiasi di Batu, Sabtu kemarin. Image : pomidor.id)

Pomidor.id – Kepengurusan APIK (Asosisasi Andalan Perikanan Kota) Malang, akhir pekan kemarin, Sabtu, (11/8), secara resmi mengalami pergantian. Ketua APIK sebelumnya, Indra Yuwono, mengundurkan diri dan menyerahkan estafet tongkat kepengurusan kepada Ketua Umum yang baru, Iswahyudi.

Pergantian gerbong kepengurusan APIK ini juga termasuk posisi strategis seperti sekretaris dan bendahara organisasi.

Menurut Indra Yuwono, Ketua APIK yang lama, alasan utama ia memutuskan mengundurkan diri karena kesibukan yang kian padat di tempat kerjanya.

“Pekerjaan di kantor sudah sangat menyita waktu. Besar harapan dengan pergantian kepengurusan ini, APIK dapat semakin berkembang dan berkontribusi banyak bagi anggota lainnya,” ujar Indra yang juga merupakan ASN (Aparatur Sipil Negara) di PDAM Kota Malang.

Baca Juga : MoU dengan Perusahaan & Ponpes untuk Pasarkan Produk Olahan APIK

Indra menambahkan, apa yang sudah dicapai APIK setahun belakangan ini hendaknya dilanjutkan. Misalnya saja, pendekatan kepada beberapa perusahaan yang siap menampung produksi ikan segar dan olahan ikan dari para anggota.

“Juga kerja sama dengan sebuah pondok pesantren di Sidoarjo yang beberapa waktu lalu tertarik bekerja sama dengan APIK. Potensi-potensi ini semoga diteruskan kelanjutan penjajakannya sehingga bisa terealisasi. Karena yang diuntungkan nantinya adalah anggota APIK sendiri,” kata Indra.

Rapat Pergantian Kepengurusan APIK
(Sejumlah anggota APIK yang tampak dalam pertemuan pergantian kepengurusan di Batu. Karena memenuhi kuorum anggota yang hadir, pergantian kepengurusan APIK yang baru dianggap sah. Image : pomidor.id)

Sementara nahkoda APIK yang baru, Iswahyudi, berterima kasih atas kepercayaan untuk meneruskan kepemimpinan di asosiasi yang mewadahi produsen dan pengolah ikan di wilayah Malang Raya tersebut.

“Berat mengemban amanah yang diberikan sedulur-sedulur. Tapi saya akan berusaha sekuat tenaga membawa asosiasi ini ke arah yang lebih baik. Tentunya itu semua hanya bisa dengan dukungan panjenengan-panjenengan sekalian,” kata Iswahyudi sesaat setelah ia terpilih aklamasi menjadi Ketua Umum APIK.

Baca Juga : Dinas Perikanan Jatim Tertarik dengan Konsep Usaha APIK

Kendati secara de facto sudah berganti kepengurusan, namun secara legalitas masih ada beberapa persyaratan yang harus dilengkapi agar kepengurusan APIK yang baru ini sah di mata hukum.

APIK adalah asosiasi yang menjadi wadah bagi para peternak ikan dan produsen produk olahan ikan di Malang Raya. Berdiri sejak Juli tahun 2017 lalu, APIK memiliki konsep usaha mandiri. Mulai dari pembibitan, pembesaran ikan, pengolahan ikan, hingga pemasarannya, diupayakan dapat digarap oleh para anggotanya sendiri.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan