border=

Keren! Bungkus French Fries dari Kulit Kentang

Bungkus french fries dari kulit kentang
(Kalau masih lapar, bungkusnya bisa dimakan, kok. Kan dari bagian kentang juga. Image : yankodesign.com)

Pomidor.id – Jika bungkus french fries biasanya dari karton atau kertas tebal, tiga desainer Italia menciptakan penggantinya dari kulit kentang. Selain ramah lingkungan karena bahan daur ulang ini berasal dari bagian kentang itu sendiri, penemuan ini apabila diproduksi massal akan menghemat pemakaian pulp dari serat kayu.

Adalah Simone Caronni, Pietro Gaeli dan Paolo Stefano Gentile, trio desainer yang memiliki ide unik membuat bungkus french fries dari kulit kentang.

Ide itu sendiri bermula dari pengamatan mereka melihat begitu banyaknya limbah kulit kentang dalam proses pembuatan french fries. Mereka berpikir keras bagaimana menggunakan kembali limbah tersebut agar lebih bermanfaat.

 border=

Baca Juga : Rumput Laut dan Singkong Alternatif Pengganti Plastik

Dilansir dari Yanko Design, pertama-tama mereka melembutkan kulit kentang terlebih dahulu dan kemudian mengeringkannya. Setelah bahan organik (terbuat dari pati dan serat kentang) menyatu, mereka membentuknya dalam bentuk kerucut (cone) yang diinginkan.

Urut2an pembuatan
(Urut-urutan proses pembuatan cone french fries dari kulit kentang. Image : yankodesign.com)
Bahan kulit kentang
(Pati dan serat kentang yang diolah jadi bungkus french fries. Image : yankodesign.com)

Bahan yang dihasilkan ini seluruhnya berasal dari limbah kulit kentang sehingga mudah didaur ulang. Setelah digunakan untuk bungkus french fries, cone ini dapat diolah lagi menjadi pakan hewan. Bahkan juga bisa dibuat pupuk organik untuk tanaman kentang.

 border=

Keren. Dari kentang balik lagi ke kentang.

Kulit kentang jadi bungkus kentang
(Voila. Jadilah bungkus french fries dari kulit kentang. Image : yankodesign.com)

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan