border=

Cara Manjur Atasi Tlusupen dengan Bawang Putih

Bawang putih atasi tlusupen
(Bawang putih manjur untuk mengobati luka akibat tlusupen. Image : pomidor.id)

Pomidor.id – Banyak orang pasti pernah mengalami tlusupen atau kemasukan benda asing ke dalam tubuh. Selain menimbulkan rasa tak nyaman, jika tak segera diatasi hal ini bisa pula menyebabkan infeksi. Tapi jangan keburu panik. Ada cara manjur untuk mengobati luka akibat tlusupen sekaligus mengeluarkan benda asing dari dalam tubuh, yakni dengan memanfaatkan bawang putih.

Tlusupen sering kali terjadi pada area tangan dan kaki. Karena terasa nyeri, biasanya orang akan langsung berusaha mengeluarkan duri, serpihan kayu, pecahan kaca atau benda kecil lainnya dengan memencet-mencet permukaan kulit di sekitar luka. Bahkan ada juga yang menggunakan pinset atau jarum untuk mengeluarkan benda asing tersebut.

 border=

Padahal cara ini berbahaya karena justru dapat membuat luka melebar dan menyebabkan iritasi kulit.

Baca Juga : Daun Kemangi Perkuat Daya Imun & Basmi Jerawat

Agar terhindar dari iritasi yang bisa berujung pada infeksi, ada cara yang lebih sederhana tapi manjur untuk mengatasinya. Yakni dengan menggunakan pengobatan tradisional yang dilakukan mbah-mbah kita dulu. Memanfaatkan bawang putih.

 border=
Luka kecil
(Luka kecil, entah itu tergores atau gara-gara tlusupen, jika dibiarkan dapat menyebabkan infeksi.)

Caranya, cuci bersih tangan atau kaki yang tlusupen. Kemudian ambil bawang putih dan tumbuk sampai agak hancur.

Bubuhkan tumbukkan bawang putih itu ke bagian luka. Setelah itu, balut pakai plester atau perban. Diamkan beberapa jam maka benda asing itu akan keluar dengan sendirinya.

Baca Juga : Kandungan Merkuri pada Produk Kosmetik Patut Diwaspadai

Menggunakan bawang putih untuk mengatasi tlusupen cukup manjur karena tanaman umbi-umbian ini mengandung zat antibiotik alami serta memiliki khasiat anti peradangan. Selain itu, zat antimikroba yang ada pada bawang putih juga dapat mencegah infeksi sekaligus mempercepat pemulihan luka.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan