Cara Sederhana Membasmi Kutu Kebul Pada Tanaman Mawar

Tanaman mawar
(Kalau pun berbunga, tanaman mawar yang terkena serangan kutu kebul bunganya tidak akan sempurna dan gampang rontok. Image : pomidor.id)

Pomidor.id – Mawar merupakan salah satu tanaman favorit untuk mempercantik halaman atau pekarangan rumah. Selain gampang perawatan dan memiliki aneka macam warna, bunganya tampak cantik ketika mekar. Sayangnya, tanaman mawar tidaklah kebal dari serangan hama, terutama kutu kebul. Pada tingkatan serangan yang parah, batang tanaman akan mengering dan kemudian mati.

Kutu kebul merupakan hama yang masuk dalam keluarga serangga. Tak hanya menyerang jenis tanaman seperti cabai, tomat, kedelai, mangga, sirsak, dlsb, hama ini juga sering dijumpai beranak pinak di berbagai tanaman hias.

Mawar sebagai tanaman hias yang digandrungi banyak orang pun juga rentan terserang kutu kebul. Ketika koloni hama berwarna putih ini berkembang di satu tanaman, termasuk tanaman mawar, maka tanaman itu akan sulit tumbuh optimal.

Pada tingkatan serangan yang tak terkendali, satu demi satu batang tanaman akan mengering. Kalau sudah demikian, nyaris mustahil mengharapkan tanaman akan berbunga. Yang ada, tanaman perlahan akan mati mengenaskan.

Batang tanaman yang terserang kutu kebul
(Batang tanaman mawar yang terserang koloni kutu kebul. Image : pomidor.id)

Baca Juga : Mengenali Tanda-tanda Tanaman Kekurangan Nutrisi

Tentu sangat menyebalkan tanaman mawar yang susah payah dirawat dan diharapkan berbunga, malah mati gara-gara terserang kutu kebul.

Meski ada beberapa pestisida sintetis yang bisa dipakai untuk mengatasi serangan hama berwarna putih ini, namun tak ada salahnya mencoba cara yang lebih sederhana serta tidak berbahaya bagi lingkungan.

Pertama, siapkan mangkok kecil, sikat gigi bekas, kain halus, air, serta sabun cuci piring merk apa saja.

Kedua, tuangkan air dalam mangkok kecil dan masukkan sedikit sabun cuci piring. Aduk perlahan hingga airnya berbusa.

Cara sederhana basmi kutu kebul
(Sikat gigi bekas, mangkok, serta air berisi cairan sabun cuci piring untuk membasmi kutu kebul. Image : pomidor.id)

Ketiga, celupkan sikat gigi bekas ke dalam mangkok kecil tersebut. Lalu sikat pelan-pelan seluruh batang tanaman mawar yang ditempeli kutu kebul. Ulangi beberapa kali menyikat sampai kutu kebulnya tidak tersisa di tanaman.

Keempat, untuk kutu kebul yang menempel di daun, gunakan kain halus. Sama dengan yang menggunakan sikat gigi bekas, celupkan kain halus ke dalam mangkok berisi sabun cuci piring. Kemudian usapkan beberapa kali pada daun-daun tanaman mawar yang ada kutu kebulnya.

Kelima, setelah dirasa tidak ada lagi kutu kebul yang menempel, semprot batang dan daun tanaman mawar dengan air bersih.

Baca Juga : Kenikir Sebagai Tanaman Hias Sekaligus Pengendali Hama

Agar hasilnya betul-betul maksimal, pembasmian kutu kebul dengan cara ini bisa dilakukan dua atau tiga kali dengan rentang waktu seminggu sekali. Potong juga batang-batang tanaman yang sudah mengering. Ini agar intensitas cahaya matahari semakin banyak dan bisa membunuh larva kutu kebul.

Kutu kebul
(Penampakkan kutu kebul yang diperbesar ratusan kali lipat. Image : pinterest.com)

Cara ini memang sedikit merepotkan dan memakan waktu. Tetapi masih lebih baik ketimbang pasrah membiarkan tanaman mengering, layu dan mati. Apalagi hama kutu kebul yang tidak terkendali populasinya di satu tanaman, berpotensi menyerang tanaman yang lain yang ada di sekitarnya.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan