border=

Cegah Pencurian Buah, Pengusaha Agro Ciptakan Perangkat Anti Maling

Perangkat Anti Maling untuk Cegah Pencurian Buah
(Pencurian buah jeruk hampir 4 ton yang diangkut dengan mobil di Sevilla, Spanyol, beberapa waktu lalu. Dengan Olidetec, sebuah perangkat anti maling khusus untuk buah-buahan, kejadian yang merugikan petani seperti ini diharapkan dapat dicegah. Image : thelocal.es)

Pomidor.id – Sekelompok pengusaha agro di Andalusia, Spanyol, menciptakan Olidetec, sebuah sistem yang dapat mendeteksi tindak pencurian buah sekaligus melacak keberadaannya. Sistem yang dilengkapi perangkat digital tersebut memberikan informasi selama 24 jam kondisi tanaman. Jika buahnya tahu-tahu raib, perangkat anti maling ini secara akurat akan memberitahu lokasi di mana keberadaan buah yang lenyap saat itu juga.

Para petani menyambut gembira adanya alat ini. Pasalnya, pencurian, lebih tepatnya penjarahan, buah-buahan kian sering terjadi di sebagian wilayah di Spanyol, termasuk di Andalusia.

Dengan perangkat anti maling yang teraplikasi langsung di smartphone, mereka tak perlu lagi berpatroli keliling kebun. Mereka cukup memonitornya dari andoid masing-masing.

 border=

Baca Juga : Petani Buah Thailand Pasang Chip Anti Maling

Dilansir Alimarket Spanyol, sebenarnya perangkat itu tak hanya untuk mencegah tindak pencurian di wilayah pelosok pedesaan. Namun juga berfungsi memberi informasi harga pasar serta karakteristik buah yang diinginkan konsumen.

Diego Martin, David and Alejandro Sanchez, adalah orang-orang yang menciptakan perangkat anti maling tersebut.

 border=

Mereka mengatakan sistem akan langsung bekerja begitu terjadi tindak pencurian. Perangkat ini akan memberikan laporan penelusuran dan geolokasi di mana buah berada. Informasi tersebut dienkripsi dengan teknologi dan keamanan yang hampir sama dengan yang digunakan oleh lembaga keuangan.

Baca Juga : Maraknya Aksi Pencurian Gelisahkan Petani Alpukat di Selandia Baru

Kelebihan lain dari Olidetec adalah mengurangi biaya asuransi untuk pemasangannya. Selain itu, para pencipta alat ini juga menawarkan sejumlah paket tambahan.

Paket-paket tambahan tersebut berupa layanan informasi mengenai tanaman, lahan pertanian serta potensi panen secara spesifik. Karena itu harga dari perangkat ini bervariasi, tergantung pada paket yang dibeli petani dan luasan lahan yang mereka miliki.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan