border=

Hot Summer = Ukuran French Fries Menciut

Ukuran French Fries Menciut
(Gara-gara musim panas ekstrem dan berkepanjangan, ukuran french fries pun jadi menciut. Image : thelocal.se)

Pomidor.id – Musim panas hebat yang melanda daratan Eropa tahun ini berdampak langsung pada ukuran french fries. Dari panjang standar 6 cm, snack paling populer di dunia yang juga menjadi makanan pokok mayoritas warga Eropa itu, menciut menjadi rata-rata hanya 4,5 cm.

Belgia, Belanda dan Jerman merupakan negara-negara produsen utama kentang di Eropa. Para petani di ketiga negara tersebut mengingatkan musim panas berkepanjangan tahun ini menyebabkan panenan kentang menurun drastis.

Baca Juga : Perancis dan Belgia Heboh Saling Klaim Penemu French Fries

 border=

Tak hanya produksinya yang anjlok, kentang yang dipanen juga kecil-kecil. Hal ini berakibat potongan ukuran french fries pun jadi menciut.

Swedia yang sangat bergantung pada pasokan kentang dari Belgia dan Belanda, adalah termasuk negara yang paling terkena efek dari menciutnya ukuran french fries. Selain sudah menjadi menu makanan utama di negara Skandinavia tersebut, french fries yang dijual di supermarket juga semakin mahal.

“Ukurannya berkurang dari 6 cm menjadi 4,5 cm. Itu perkiraan hasil panenan serta informasi yang kami dapatkan,” ujar Anders Huldt, CEO Svenk Potatis, sebuah organisasi industri kentang di Swedia.

 border=

Baca Juga : Swedia Serius Kembangkan Budidaya Ubi Jalar, Tapi Ribetnya Minta Ampun

Asosiasi Petani Kentang di Belgia membenarkan pernyataan Huldt.

“Karena kentang yang dipanen kecil-kecil. Chips (french fries) yang kita makan pun ukurannya jadi lebih kecil,” kata Pierre Lebrun, pemimpin Asosiasi Petani Kentang Wallon Potato.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan