border=

Ini Lho, Negara-negara Konsumen Produk Organik Terbesar di Dunia

Swiss negara konsumen produk organik terbesar di dunia
(Swiss merupakan negara dengan pengeluaran per kapita terbesar untuk urusan belanja produk makanan organik. Image : worldatlas.com)

Pomidor.id – Satu dekade terakhir, produksi dan konsumsi berbagai produk makanan organik melonjak signifikan. Dalam skala global, konsumen produk organik terbesar masih didominasi negara-negara Eropa dan Amerika Serikat. Tingkat kesejahteraan penduduk disinyalir berkorelasi langsung dengan konsumsi makanan menyehatkan ini.

Pasar global untuk produk makanan organik telah berkembang pesat beberapa tahun belakangan ini, melampaui USD 60 milyar di tahun 2012.

Tak hanya di negara maju, supermarket yang khusus menjual produk makanan organik semakin mudah dijumpai di negara-negara berkembang. Sementara supermarket umum, juga sudah banyak yang memajang produk organik dengan jenis dan varian yang lebih luas.

 border=

Namun bagi sebagian konsumen, harga yang terlalu tinggi menjadi kendala untuk mengaksesnya. Karena itu terdapat kesenjangan lebar konsumsinya di berbagai negara, tergantung pada tingkat kesejahteraan penduduk masing-masing negara.

Baca Juga : Rusia Sahkan Penerapan Standarisasi Produk Makanan Organik

Dilansir Bund Ökologische Lebensmittelwirtschaft, sebuah asosiasi pertanian di Jerman, warga Swiss paling royal membelanjakan uangnya untuk membeli produk makanan organik dengan nilai USD 337 per kapita.

 border=

Setelah itu berturut-turut disusul dua negara Skandinavia, Denmark dan Swedia dengan nilai per kapita USD 279 dan USD 242.

Sedangkan konsumen di Amerika Serikat dan Jerman berada di posisi keempat dan kelima. Dua negara besar itu pengeluaran per kapitanya untuk konsumsi produk organik mencapai USD 146 dan USD 142.

Daftar negara konsumen produk organik terbesar di dunia
(Daftar negara-negara konsumen produk organik terbesar di dunia. Image : infographic.statista.com)

Baca Juga : Makanan Organik Lebih Murah? Betul! Betul! Betul!

Anehnya, dua negara raksasa lainnya, China dan Rusia, tidak termasuk dalam 10 besar. Warga di dua negara tersebut terhitung masih rendah konsumsi per kapitanya untuk produk makanan organik.

Lalu bagaimana dengan Indonesia? Meski jumlah penduduknya terpadat keempat di dunia, negara kita bahkan tak masuk dalam daftar 20 besar negara konsumen produk organik.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan