Petani Australia Sambut Perdagangan Bebas dengan Indonesia

Petani Australia Sambut Baik Kesepakatan Perdagangan Bebas dengan Indonesia
(Presiden RI, Joko Widodo dan Perdana Menteri Australia, Scott Morison, menanam bibit pohon Meranti di Istana Bogor, (1/9). Pemimpin kedua negara menyepakati perdagangan bebas antara Indonesia-Australia. Image : sbs.com.au)

Pomidor.id – Para petani Australia menyambut baik disepakatinya perdagangan bebas dengan tetangganya di utara, Indonesia. Kesepakatan ini dipandang bakal mempererat hubungan ekonomi kedua negara.

Dalam kunjungan luar negerinya yang pertama, Perdana Menteri Australia, Scott Morison, berkomitmen penuh untuk menuntaskan kesepakatan perdagangan bebas dengan Indonesia yang akan berlaku November tahun ini.

Kesepakatan yang negoisasinya membutuhkan waktu delapan tahun tersebut, meliputi kerja sama di bidang ekonomi, pendidikan, kontra-terorisme serta maritim.

Isu utama yang juga menjadi bagian dari kesepakatan perdagangan antara Indonesia dan Australia adalah pengurangan tarif bea masuk produk-produk Indonesia ke Australia. Begitu pula sebaliknya.

Baca Juga : Proteksionisme Meningkat, Menteri Pertanian G20 Inginkan Reformasi WTO

Komitmen kedua negara untuk menjalin hubungan perdagangan yang lebih erat ini menjadi angin segar. Terutama di tengah meningkatnya proteksionisme, intoleransi serta meningkatnya ancaman konflik dalam skala global.

Dalam pernyataan bersama antara Perdana Menteri dan Menteri Perdagangan Australia, Simon Birmingham, mengatakan kesepakatan tersebut mengakui peran yang lebih besar yang dimainkan oleh Indonesia.

Indonesia dinilai merupakan salah satu pemain utama di panggung global, khususnya di bidang ekonomi dan keamanan.

Dilansir dari SBS News, petani Australia diharapkan memperoleh keuntungan dari kesepakatan perdagangan bebas antar kedua negara bertetangga dekat tersebut.

Baca Juga : Indonesia Tidak ‘Tutup Pintu’ bagi Produk Australia

Indonesia dan Australia merupakan dua negara anggota G-20. Namun keduanya tidak termasuk dalam 10 daftar teratas mitra perdagangan.

Di tahun 2017, hubungan dagang Indonesia-Australia tercatat bernilai USD 16,4 milyar. Hal ini menjadikan Indonesia sebagai mitra dagang terbesar ke-13 bagi negeri kangguru itu.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan