border=

Ukraina Perketat Sistem Kontrol untuk Produk Organik

Sistem Kontrol untuk Produk Organik di Ukraina
(Untuk menjamin standar keamanan pangan dan perlindungan konsumen, Pemerintah Ukraina memperketat regulasi yang mengatur peredaran produk organik di negaranya. Image : agroportal.ua)

Pomidor.id – Regulasi berlapis yang mengatur tentang standar produk makanan organik, baru saja disahkan di Ukraina. Regulasi tersebut ditujukan memperketat sistem kontrol untuk produk organik yang beredar di Ukraina. Sanksi tegas, mulai sanksi administratif hingga pencabutan izin, tanpa pandang bulu akan dikenakan bagi produsen atau lembaga sertifikasi yang melanggar regulasi.

Olga Trofimtseva
(Olga Trofimtseva, Wakil Menteri Pertanian Ukraina.)

Demikian pernyataan resmi Wakil Menteri Pertanian Ukraina, Olga Trofimtseva, dalam konferensi pers di Kiev pekan ini. Dilansir dari Agro Portal, Trofimtseva mengatakan ada dua tahap dalam sistem kontrol untuk produk organik yang beredar di pasar negara Eropa Timur tersebut.

Tahapan kontrol pertama dilakukan otoritas yang berwenang mengesahkan produsen dan suplier yang diberi izin mengedarkan produk organik di Ukraina. Tahapan kedua, demi menjamin standar keamanan pangan dan perlindungan konsumen, Negara akan memonitor baik produsen, suplier maupun pemberi sertifikasi.

 border=

Baca Juga : Terbuka Lebar Peluang Ekspor Manggis ke Ukraina

Menurut Yevgen Milovanov, Ketua Dewan Federasi Gerakan Organik Ukraina, ada sekitar 20 lembaga sertifikasi independen yang diakui pemerintah. Mereka berwenang memberikan sertifikasi produk dengan standar Uni Eropa, Amerika Serikat, Kanada, Swiss dan negara-negara yang sudah lebih dulu memiliki regulasi ketat berkaitan dengan peredaran aneka produk makanan organik.

Di bawah regulasi yang baru ini, kontrol atas produk organik akan dilakukan secara terus menerus. Terutama pemantauan untuk mencegah produk non organik diberi label organik. Kemudian ada pula pemantauan khusus untuk lembaga pemberi sertifikasi.

 border=

Pelanggaran regulasi bakal diberi sanksi tegas. Denda adminstratif yang besarnya berkali-kali lipat bagi produsen dan suplier yang nakal. Sementara untuk lembaga sertifikasi izinnya akan dicabut.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan