border=

Aplikasi Sipindo Bantu Petani Pilih Pupuk Hingga Prediksi Cuaca

Aplikasi Sipindo Bantu Petani
(Dengan berbagai fitur yang dimilikinya, aplikasi Sipindo meminimalisir kemungkinan gagal panen petani hortikultura seperti cabai. Image : pomidor.id)
Pomidor.id – Untuk membantu petani memilih pupuk serta memprediksi cuaca yang kerap berubah-ubah, PT East West Seed Indonesia meluncurkan Aplikasi Sistem Pertanian Indonesia (Sipindo). Aplikasi Sipindo ini memiliki berbagai fitur yang akan sangat memudahkan petani mengolah lahannya. Bahkan khusus untuk cuaca, aplikasi ini bisa memprediksinya hingga enam bulan ke depan.

Sebenarnya aplikasi Sipindo sudah terbentuk sejak tahun 2017. Namun baru secara resmi diluncurkan Oktober 2018. Peluncurannya pun disertai dengan penambahan fitur-fitur baru.

Selain prediksi cuaca, fitur lainnya yang ada dalam aplikasi Sipindo antara lain adalah rekomendasi kandungan hara tanah berdasarkan hasil tes laboratorium dan rekomendasi pemupukkan. Informasi yang diberikan berdasarkan lokasi di mana lahan petani yang menggunakan aplikasi ini berada.

 border=

Diharapkan dengan menggunakan aplikasi ini, potensi gagal panen bisa diminimalisir.

“Peluncuran aplikasi ini sekaligus menjadi wujud semboyan kami yakni menjadi sahabat yang paling baik untuk petani,” kata Managing Director PT East West Seed Indonesia, Glenn Pardede saat peluncuran Sipindo Powered by Smartseed di Jakarta, Jumat (12/10).

Baca Juga : SMART-Fish Permudah Informasi Budidaya Ikan Patin

 border=

Glenn menambahkan, dengan aplikasi Sipindo petani bisa memantau tingkat kesuburan tanah. Tak hanya itu, petani juga bisa memperoleh informasi tentang bagaimana menangani hama dan penyakit, pola dan musim tanam, serta estimasi waktu panen dan perkiraan jumlah produksi.

Penyuluh pertanian dan pedagang pun memperoleh manfaat banyak dari aplikasi berbasis android ini.

Untuk penyuluh pertanian, tersedia informasi yang dibutuhkan ketika menghadapi masalah sehingga dapat segera diberikan solusi yang cepat dan tepat kepada petani.

Sedangkan untuk pedagang, aplikasi ini bisa dimanfaatkan untuk mencari dan membeli produk-produk pertanian yang dibutuhkan langsung dari petaninya.

“Ini aplikasi yang kami harapkan bisa membantu petani di Indonesia. Kita harap petani Indonesia bisa tambah makmur karena bisa punya hasil yang maksimal dengan tools yang benar,” imbuh Glenn.

Baca Juga : Perusahaan Jerman Kembangkan Metode Pelabelan pada Buah dan Sayur

Sejak diluncurkan tahun 2017, aplikasi Sipindo telah dimanfaatkan lebih dari 14 ribu petani yang mengaksesnya secara gratis. PT East West Seed Indonesia menargetkan di tahun 2019, jumlah petani yang dapat mengakses dan memanfaatkan aplikasi ini mencapai 100 ribu petani.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan