border=

Burung Mabuk Fermentasian Buah Berry Bikin Panik Warga

Burung Mabuk Akibat Makan Beri yang Terfermentasi
(Gara-gara makan buah berry yang terfementasi alami, banyak burung jadi mabuk di Minnesota, AS. Image : wbrz.com)
Pomidor.id – Ternyata tak hanya mamalia, terutama manusia, yang doyan berulah aneh-aneh saat terkontaminasi alkohol. Pun demikian dengan burung. Polah burung mabuk akibat memakan buah berry yang sudah terfermentasi, sempat menggegerkan warga di Minnesota, Amerika Serikat.

Pekan lalu, polisi di sebuah kota kecil di utara negara bagian Minnesota, sibuk merespon laporan warga tentang kejadian tak lazim. Banyak burung bertingkah layaknya orang mabuk berkeliaran di sekitar tempat tinggal mereka.

Dilansir Associated Press, Penduduk kota Gilbert melaporkan burung-burung itu terbang sembarangan hingga menabrak kaca jendela, mobil dan benda-benda lainnya. Burung-burung itu tampak linglung seolah sedang mabuk minuman keras.

 border=

Baca Juga : Luar Biasa, Ada Monyet Kecanduan Minum Bensin

Namun dalam akun facebooknya, Kepolisian Gilbert menyatakan bahwa kejadian burung mabuk itu adalah sesuatu yang bisa dijelaskan dengan sederhana. Burung-burung itu sebelumnya kedapatan memakan buah berry yang secara alami terfermentasi lebih awal.

Petugas Taman Nasional, Sharon Stiteler mengatakan bahwa burung Robin dan burung Waxwing (Bombycilla garrulus) sangat menggemari jenis buah berukuran kecil semacam berry. Namun kadar gula yang tinggi dalam buah-buahan tersebut dapat berubah menjadi alkohol ketika kelembabannya berkurang.

 border=

Meski demikian Stiteler juga merasa sedikit terkejut. Menurutnya, “burung mabuk adalah sesuatu yang tak biasa”.

Baca Juga : Desa Ini Larang Warganya Memelihara Kucing

Pihak kepolisian setempat kemudian meminta warga agar tidak panik. Itu hanya fenomena alam.  Burung-burung itu akan kembali sadar dengan sendirinya.

Yang repot itu kalau si burung ketagihan mabuk. Bisa tambah banyak tugas pak polisi.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan