border=

KKP Ingatkan Kebutuhan Pangan Ikan Dunia Terus Meningkat

Kebutuhan Pangan Ikan Dunia Terus Meningkat
(Ikan hasil tangkapan nelayan. Indonesia berpeluang besar menjadi eksportir utama ikan mengingat kebutuhan pangan ikan di seluruh dunia terus meningkat. Image : Dok KKP)
Pomidor.id – Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) mengingatkan bahwa kebutuhan pangan ikan terus meningkat di seluruh dunia termasuk Indonesia sehingga penting untuk mengembangkan pembudidayaan perikanan Nusantara.

“Saat ini penduduk Indonesia sudah mencapai 265 juta orang, pada 2030 nanti diperkirakan dapat mencapai hampir 300 juta orang. Konsumsi ikan perkapita penduduk Indonesia juga terus meningkat dari 43 kg pada 2017 menjadi 50 kg pada 2019,” kata Dirjen Perikanan Budi Daya Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), Slamet Soebjakto, dalam keterangan tertulis, Minggu (21/10).

Menurut Slamet Soebjakto, konsekuensi dari hal tersebut adalah kebutuhan bahan pangan pun meningkat, termasuk kebutuhan pangan ikan.

 border=

Ia berpendapat bahwa hal tersebut terjadi antara lain karena selera makan penduduk di berbagai belahan dunia juga kini telah bergeser.

Baca Juga : Neraca Perdagangan Perikanan Indonesia Tertinggi di Asia Pasifik

“Mereka kini lebih menggemari sumber protein dari daging putih seperti ikan ketimbang daging merah, seiring dengan tuntutan gaya hidup yang lebih sehat,” ucapnya.

 border=

Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) sendiri juga menekankan pentingnya masyarakat mengonsumsi komoditas kelautan dan perikanan yang diperoleh dari laut dan kawasan perairan yang bersih dan sehat.

Hal ini berkalil-kali ditegaskan Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti. Ia berharap agar konsumsi ikan dapat menjadi kebiasaan masyarakat Indonesia. Tak hanya masyarakat pesisir, tetapi juga yang tinggal di kota dan pegunungan.

Baca Juga : Tips Agar Anak Suka Makan Ikan

Menteri Susi berpesan agar selalu menyediakan menu ikan di rumahnya.

“Ibu-ibu harus kasih makan anak-anak dari kecil itu ikan. Ikan juga lebih murah daripada daging dan ayam. Ini bisa lebih hemat,” kata Menteri Susi.

Ia juga menekankan pentingnya kampanye untuk menjaga kedaulatan laut dengan cara memperkuat perairan perbatasan serta tidak merusak kawasan laut.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan