border=

Mahasiswi Oman Kembangkan Akar Cherimoya untuk Obat Rambut Rontok

Akar Cherimoya Ampuh Atasi Rambut Rontok
(Cherimoya masih serumpun dengan srikaya, yang lebih familiar bagi orang Indonesia. Hasil penelitian beberapa mahasiswi di Oman, akar tanaman ini ampuh untuk mencegah kerontokan serta melebatkan rambut. Image : pinterest.com)
Pomidor.id – Tiga mahasiswi Oman mengklaim berhasil mengembangkan krim untuk mengatasi rambut rontok. Uniknya, selain menggunakan salah seorang paman dari mereka sebagai kelinci percobaan, krim tersebut terbuat dari akar cherimoya. Tanaman cherimoya sendiri masih kerabat dekat srikaya.

Ketiga mahasiswi tersebut adalah Heba Al Ghafri, Sharifa Al Qaitaiti dan Faiza Al Khatiri, yang tengah belajar di Perguruan Tinggi Teknologi. Hasil penelitian mereka pada akar cherimoya, yang dalam bahasa Arab disebut sebagai Al Mustaafl, memperoleh hak paten dari Kementerian Perdagangan dan Industri Oman. Dengan hak paten ini, mereka diijinkan untuk memproduksinya secara massal.

Dikutip dari Times of Oman, mereka mengatakan bahwa krim dari ekstrak akar cherimoya yang mereka kembangkan terbukti manjur mengatasi kerontokan rambut. Kini mereka berharap ada investor atau perusahaan yang mau memproduksinya dalam jumlah besar sehingga bisa bermanfaat bagi banyak orang.

 border=

“Awalnya kami mencoba krim ini pada tikus di laboratorium yang kami cukur gundul. Bulu tikus itu mulai tumbuh kembali dalam tiga hari setelah diberi krim yang terbuat dari akar cherimoya. Waktu yang sangat singkat dibandingkan tumbuh alami,” ujar Heba Al Ghafri.

Lebih lanjut ia mengisahkan, setelah mendapatkan hasil positif mereka mencoba krim tersebut ke sukarelawan yang botak gara-gara rambutnya rontok. Dan sukarelawannya adalah paman salah seorang dari mereka sendiri.

“Sebulan setelah menggunakan krim ini, kami perhatikan munculnya folikel rambut baru. Rambut juga tampak tumbuh makin tebal,” jelas Al Ghafri.

 border=

“Seorang dokter kulit menguji produk (krim) ini pada pasien dengan masalah kerontokan rambut. Hasilnya ternyata memang efektif. Paman dan saudara kolega saya juga menguji produk dengan hasil yang sama bagus,” imbuhnya.

Tiga Mahasiswi Oman peneliti akar cherimoya untuk obat rambut rontok
(Heba Al Ghafri, Sharifa Al Qaitaiti dan Faiza Al Khatiri, kini tengah menunggu investor yang mau memproduksi obat anti rambut rontok dari akar tanaman cherimoya. Image : Times of Oman)

Baca Juga : Body Lotion Dari Bahan Aktif Minyak Sawit Merah

Majid Al Qatiti, seorang sukarelawan memuji kemanjuran krim tersebut.

“Saya menggunakan krim ini dua kali sehari selama tiga bulan. Ada perubahan nyata pada ketebalan rambut saya. Sebelumnya, rambut saya rontok terus hingga jadi botak. Tapi sekarang rambut saya benar-benar tumbuh lagi,” kata Al Qatiti.

Ia menambahkan dokter kulit pernah memberitahunya jika lapisan lemak tebal di kepalanya menghalangi rambut untuk tumbuh.

“Namun krim ini membantu mengurangi lemak di kepala sehingga rambut bisa tumbuh kembali secara alami,” tutur Al Qatil menggambarkan pengalamannya menggunakan krim dari akar cherimoya.

Baca Juga : Pisang Mongee, Pisang yang Bisa Dimakan Bersama Kulitnya

Al Qatili menyatakan siap membeli produk krim buatan para mahasiswi tersebut dalam jumlah besar. Ia juga berharap krim ini diproduksi massal sehingga orang yang membutuhkan bisa merasakan manfaatnya. Apalagi ramuan penumbuh rambut itu berasal dari bahan alami akar cherimoya yang pohonnya berlimpah di wilayah Kesultanan Oman.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan