border=

Menlu Minta Selandia Baru Perluas Akses Ekspor Buah Tropis Indonesia

Selandia Baru Diminta Perluas Akses Ekspor Buah Tropis Indonesia
(Joint Ministrial Commission Indonesia-Selandia Baru di Jakarta, (5/10). Dalam pertemuan tersebut, Menlu RI meminta Selandia Baru membuka akses pasar lebih luas bagi produk buah tropis asal Indonesia. Image : Dok. Kementerian Luar Negeri)
Pomidor.id – Indonesia meminta Selandia Baru untuk membuka akses yang lebih luas bagi ekspor berbagai buah tropis Indonesia ke negara Kiwi itu. Demikian pernyataan Menteri Luar Negeri Republik Indonesia, Retno Marsudi, saat bertemu Wakil Perdana Menteri sekaligus Menteri Luar Negeri Selandia Baru, Winston Peters, di Gedung Pancasila Kementerian Luar Negeri, di Jakarta, Jumat (5/10).

“Tekad untuk meningkatkan perdagangan yang saling menguntungkan akan terus ditingkatkan. Indonesia memiliki kepentingan agar Selandia Baru dapat memberikan akses lebih bagi berbagai produk buah Indonesia seperti mangga, pisang, dan nanas,” kata Menteri Retno dalam pers briefing Joint Ministrial Commission (JMC) ke-delapan dengan koleganya dari Selandia Baru.

Di pertemuan tersebut, Menteri Retno juga meminta diberikannya akses terhadap ekspor pakan ternak Indonesia ke Selandia Baru.

 border=

Baca Juga : Kemendag Dorong Perluasan Pasar Ekspor Produk Organik Indonesia

Kedua menlu sepakat untuk meningkatkan implementasi Commitment for Development 2017-2022. Terutama di bidang energi terbarukan, pertanian, pendidikan dan penanggulangan bencana.

Sementara itu, di bidang investasi, Indonesia dan Selandia Baru setuju untuk mendorong agar rencana investasi yang sudah ada dapat segera diimplementasikan.

 border=

Pertemuan Joint Ministerial Commission Indonesia-Selandia Baru pertama kali diadakan pada tahun 2007 di Jakarta. Selandia Baru akan menjadi tuan rumah pertemuan selanjutnya (ke-9) yang rencananya akan diselenggarakan tahun depan.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan