border=

Neraca Perdagangan Perikanan Indonesia Tertinggi di Asia Pasifik

Neraca Perdagangan Perikanan Indonesia Tertinggi di Asia Pasifik
(Menteri Susi saat mengunjungi Pelabuhan Perikanan Nusantara Pengambengan, Bali (10/10). Berkat kerja keras sejak tahun 2015, neraca perdagangan sektor perikanan Indonesia melonjak pesat dan kini menduduki peringkat pertama di Asia Pasifik. Image : Dok. KKP)
Pomidor.id – Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti memamerkan neraca perdagangan perikanan Indonesia yang kini tercatat nomor satu di Asia Pasifik. Transformasi ini dicapai dalam kurun waktu 4 tahun sejak 2015.

“Di Our Ocean Conference (OOC) 2018 akhir Oktober di Bali ini, kami ingin berbagi bahwa Indonesia ternyata berhasil mengubah perekonomian kelautan. Kita membalikkan keadaan yang tadinya neraca perdagangan perikanan kita defisit, jadi paling tinggi dalam waktu 4 tahun ini,” ujar Susi di Gedung Kementerian Kelautan Perikanan, Rabu, (17/10).

Ia mengungkapkan kebijakan blue economy yang tepat, terbukti dapat mendorong industri perikanan Indonesia menjadi lebih baik. Untuk itu, perlu adanya frame yang jelas terkait kebijakan perikanan itu bagi pemerintah.

 border=

“Neraca perdagangan perikanan ini terbaik hanya di kepimimpinan Jokowi. Mulai 2015 itu, kita kerja keras. Sebelumnya masih defisit,” jelasnya.

Baca Juga : Pengendalian Cantrang Agar Industri Olahan Ikan Tumbuh 10%

Menurut Menteri Susi, sumber daya laut perlu menjadi perhatian khusus bagi pemerintah dan dunia. Terutama tentang bagaimana upaya Indonesia menjaga aset pulau-pulau kecil di masa depan.

 border=

“Climate change ini kalau permukaan air laut naik, pulau-pulau kecil kita akan hilang. Jadi OCC 2018 ini sangat besar sekali dampaknya bagi Indonesia, baik secara environmentally maupun blue economy akan sustainable terjaga. Karena ini menyangkut perubahan dunia,” tandasnya.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan