border=

Sirup Black Garlic, Bumbu Sekaligus Obat Tangkal Gangguan Kognitif

Sirup Black Garlic
(Tak hanya bisa digunakan untuk bumbu masakan, sirup black garlic juga terbukti bermanfaat untuk mencegah gangguan/penyakit kognitif. Namun harganya masih terhitung mahal, hampir Rp 500 ribu rupiah per botolnya. Image : Di Bruno Gros)
Pomidor.id – Dalam beberapa tahun terakhir, Pemerintah Jepang getol memberikan dukungan untuk peningkatan produksi sirup black garlic atau sirup bawang putih hitam. Pasalnya, fermentasian bawang putih menjadi sirup hitam terbukti efektif menangkal gangguan kognitif seperti Demensia (pikun dalam tingkatan parah).

Dinamakan Black Garlic karena warna bawang putih berubah hitam ketika umbi yang sudah tua difermentasi. Rasanya diklaim lebih lembut dibandingkan bawang putih biasa. Bahkan ketika dikaramelkan, teksturnya yang kental dan lengket sangat mirip dengan sirup. Karena itulah disebut sirup black garlic.

Selain itu, rasa black garlic berbentuk cair ini seperti mint. Meski demikian, aroma bawang putihnya masih terasa keras.

 border=

Sedangkan fungsinya serba guna. Tak hanya untuk sirup, tapi juga bisa digunakan sebagai bumbu cuka untuk tumis sayur atau daging.

Bumbu Penyedap Mie Ramen
(Sirup black garlic juga kerap digunakan sebagai penyedap ramen, mie kuah khas Jepang. Image : Di Bruno Gros)

Baca Juga : Olahan Minyak Bawang Merah Bernilai Ekonomi Tinggi

Sayangnya harga sirup yang terbuat murni dari fermentasian bawang putih hingga berwarna hitam ini tidak murah. Untuk mendapatkan sebotolnya, musti rela merogoh kocek USD 28 (sekitar Rp 425 ribu).

 border=

Yang agak merepotkan, sirup black garlic ini juga masih dijual terbatas. Salah satu jaringan online yang menjualnya adalah Di Bruno Gros.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan