border=

Berkebun itu Obat Awet Muda, Lho

Berkebun itu obat awet muda
(Berkebun bisa dilakukan di mana saja, termasuk di tanah kosong milik tetangga. Tapi tentu saja seizin yang punya ya. Image : ist)
Pomidor.id – Umumnya orang menganggap kegiatan berkebun sebagai hobi. Hobi yang ada kaitannya dengan estetika. Hobi yang jika ditekuni dengan serius ditunjang dengan pengalaman dan modal, bisa menjadi sumber penghidupan. Namun yang jarang orang tahu, berkebun ternyata juga bisa menjadi obat awet muda yang murah dan mudah dilakukan siapa saja.

Sejumlah bukti ilmiah menunjukkan bahwa berkebun bisa menjadi obat awet muda karena saking banyaknya manfaat kesehatan yang bisa dipetik.

Selain secara fisik, secara psikis kegiatan ini membantu mengurangi stress, merangsang kerja otak kanan, dlsb. Hal-hal itu berkorelasi langsung dengan perasaan rileks sehingga menekan munculnya hormon berlebihan penyebab stress seperti kortisol. Hormon ini bertanggung jawab terhadap menurunnya kekebalan tubuh, obesitas serta meningkatkan tekanan darah dan gula darah.

 border=

Berikut beberapa manfaat langsung dari aktivitas berkotor-kotor tapi mengasyikkan tersebut.

  1. Mendapat Limpahan Vitamin D Gratis

Sangat tak lazim melihat orang berkebun di malam hari. Orang biasanya merawat tanaman, entah itu di pekarangan rumah atau di kebun, pada pagi atau sore hari. Saat itu, matahari masih bersinar terang. Karena terpapar langsung sinar matahari, tubuh secara alami memproduksi vitamin D. Vitamin D ini bersifat melindungi dari berbagai jenis kanker dan penyakit jantung.

Sinar Matahari Menyehatkan
(Kebanyakan petani memiliki badan sehat karena sering terpapar sinar matahari langsung. Image : Pomidor)

Baca Juga : 6 Alasan Kenapa Musti Beli Sayur & Buah dari Petani Lokal

 border=
  1. Kotor itu Sehat

Kotor di sini jangan diasumsikan jorok. Sebab, berkebun secara harfiah juga berarti berkotor-kotor. Tapi kotor yang menyehatkan.

Tanah adalah sumber yang sangat kaya akan bakteri, mineral dan mikroorganisme. Menyentuh tanah sama saja dengan membiarkan mikroorganisme masuk ke dalam tubuh. Meski ada yang berbahaya, namun lebih banyak lagi mikroorganisme yang menguntungkan. Bersentuhan dengan tanah secara rutin, akan meningkatkan sistem kekebalan tubuh serta pencernaan yang lebih baik. (Di dalam usus kita ada trilyunan bakteri yang membantu mencerna makanan yang kita makan dan membuatnya menjadi sumber energi).

Di sisi lain, orang yang terlalu protektif terhadap kebersihan, biasanya lebih mudah sakit. Ini karena sistem kekebalan tubuhnya tidak terlatih.

  1. Pelepas Stress

Kalau manfaat ini tentu banyak orang yang sudah tahu. Stress secara negatif memang mempengaruhi hormon dan meningkatkan resiko penyakit. Maka berkebun memiliki efek positif untuk melepas stress dan menimbulkan perasaan rileks yang bagus untuk kesehatan, terutama kesehatan mental.

Jangan Takut Kotor
(Jangan takut kotor kena tanah karena itu justru bisa meningkatkan imunitas tubuh. Asal jangan lupa kemudian cuci tangan yang bersih ya. Image : ist)
  1. Memproduksi Makanan Sehat

Selain tanaman hias, tak jarang orang memanfaatkan halaman rumahnya untuk menanam sayur atau buah dengan perlakuan organik. Sayuran dan buah yang bebas pupuk kimia dan pestisida sintetis itu ketika panen, besar kemungkinan akan dikonsumsi sendiri. Jadi berkebun juga bisa untuk memproduksi makanan sehat.

Baca Juga : Rutin Konsumsi Makanan Organik Turunkan Resiko Kanker

  1. Berolah Raga

Membolak balik tanah, angkat-angkat pupuk dan peralatan, menyirami tanaman, bersih-bersih taman, merupakan aktivitas fisik yang menggerakkan otot-otot tubuh kita. Meski tidak terlampau berat, namun ketika dilakukan rutin, akan membantu memperlancar peredaran darah karena tubuh kita bergerak.Tak salah jika berkebun juga bisa disebut sebagai olah raga ringan.

  1. Melatih Kesabaran

Dalam berkebun tidak ada yang instant. Sekecil apa pun kebun atau pekarangan yang kita miliki, tetap butuh proses untuk membuatnya tampak indah. Menanam, merawat serta membentuk taman menjadi tempat yang menyenangkan dan menenangkan pikiran, tidak bisa dilakukan grusa grusu. Semuanya butuh proses. Karena itulah berkebun bisa menjadi sarana untuk melatih kesabaran

  1. Melatih Konsentrasi dan Menghindari Pikun

Dalam sebuah penelitian, rutinitas menanam dan merawat tumbuhan ternyata berpengaruh positif terhadap kesehatan kognitif karena meningkatkan kinerja otak serta mengurangi resiko alzheimer (pikun) hingga 50 persen. Berkebun tak hanya melibatkan aktivitas fisik motorik, tapi juga konsentrasi yang tinggi.

Cegah Pikun
(Berkebun terbukti menjaga konsentrasi dan membuat orang tidak gampang pikun. Juga obat awet muda: Total Landscape)

Baca Juga : Bertani itu Bersedekah

Itulah beberapa manfaat nyata dari hobi berkebun yang bisa jadi obat awet muda. Ada unen-unen menarik yang berkaitan dengannya.

“Berasal dari tanah, makan apa yang tumbuh dari tanah, (bakal) balik lagi ke tanah, lha kok takut/jijik dengan tanah.”

Selamat berkebun.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan