border=

Bawang Pink Perancis Masuk Warisan Budaya Tak Benda Unesco

Bawang Pink
(Bawang putih berwarna pink asal Billom, Perancis, yang belum lama mendapatkan pengakuan Unesco untuk warisan budaya tak benda. Image : Europe1)
Pomidor.id – Unesco belum lama ini telah memasukkan bawang putih berwarna pink dari Billom, di Puy-de-Dome, sebagai bagian dari warisan budaya tak benda Perancis. Dijuluki “emas putih Auvergne” oleh penduduk lokal, bawang pink ini hanya dibudidayakan di tanah liat berbatu kapur di kawasan tersebut.

Bawang pink ini ditanam antara bulan Desember-Januari dan dipanen bulan Juli. Menurut penduduk setempat, keunikan bawang putih bercorak merah muda ini adalah pada rasanya beberapa bulan setelah dipanen. Tentunya dengan metode penyimpanan paska panen yang tepat.

Dari sisi ukuran, juga lebih besar dari umumnya bawang putih. Setiap umbinya terdiri dari 10 hingga 18 kelopak berwarna merah muda. Sayangnya, produksinya terus menurun sejak tahun 1960-an.

 border=

Baca Juga : Semangka Hitam dari Jepang Mulai Dipasarkan. Nyarinya di Mana?

Para pemulia bawang asli Auvergne ini kini berupaya kembali mempopulerkannya. Di antaranya dengan membentuk perkumpulan Grands Goussiers serta menggelar festival tahunan bawang pink di Billom setiap bulan Agustus.

Setelah mendapat pengakuan Unesco sebagai warisan budaya tak benda, Presiden Asosiasi Les Champs d’ail di Billom, François Fournier, mengaku senang.

“Pengakuan Unesco (warisan budaya tak benda) adalah cara untuk mengenali pengetahuan tradisional kami, menghargai ekonomi yang melekat pada komoditas ini, serta memastikan pelestariannya ke generasi mendatang,” ujarnya.

Warga Biliom dan Bawang Pink
(Warga Billom sangat bangga dengan bawang pink yang berasal dari daerahnya. Image : La Montagne)

Baca Juga : Indikasi Geografis Jamin Kualitas & Keaslian Produk

Dengan adanya pengakuan Unesco tersebut, maka bawang putih berwarna pink asal Billiom akan difasilitasi untuk mendapatkan Indikasi Geografis yang akan diajukan pada akhir Desember nanti.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan