border=

Kacamata Khusus Pertanian Indoor Lindungi Mata dari Radiasi UV

Kacamata Khusus Pertanian Indoor
(Tanpa kacamata pelindung, bekerja berjam-jam di pertanian indoor yang penuh dengan radiasi UV dapat membuat mata berkunang-kunang, pusing dan disorientasi. Dalam jangka panjang, bahkan dapat membutakan mata. Image : Icmag)
Pomidor.id – Pertanian dalam ruangan atau pertanian indoor yang mengekspos lampu LED (Light Emitting Diode) dalam spektrum penuh untuk mempercepat penumbuhan tanaman, pada gilirannya akan meningkatkan sinar UV (Ultra Violet). Paparan sinar UV secara terus menerus ini dapat merusak indera penglihatan. Karena itu, kini diproduksi kacamata khusus pertanian indoor demi melindungi mata mereka yang bekerja di dalamnya.

Pertanian dalam ruangan secara komersial dewasa ini semakin pesat perkembangannya. Selain efisien, pertanian model ini tidak bergantung pada musim untuk berproduksi. Tak heran jika pertanian indoor diproyeksikan bakal menjadi pertanian masa depan.

Namun meski demikian, pertanian indoor bukannya tanpa resiko. Karena murni mengandalkan cahaya buatan untuk menumbuhkan tanaman, akan ada sisi negatifnya. Semakin besar intensitas atau jumlah cahaya yang dipancarkan, semakin besar kemungkinan mereka yang bekerja akan merasakan kelelahan pada mata karena terpapar radiasi sinar UV.

 border=

Dalam jangka panjang, terus menerus terkena paparan sinar UV akan membuat penglihatan kehilangan fungsinya alias buta!

Perbedaan Mata Telanjang dan Menggunakan Kacamata Khusus
(Perbedaan antara mata telanjang dengan menggunakan kacamata khusus di pertanian indoor yang sepenuhnya menggunakan lampu LED untuk menumbuhkan tanaman. Image : Icmag)

Baca Juga : Bertani di Dalam Laut, Solusi Atasi Kekurangan Lahan Pertanian di Masa Depan

Untuk menghindari hal ini, sejumlah perusahaan produsen peralatan pertanian indoor menciptakan kacamata khusus. Kacamata ini dapat mencegah kontak langsung gelombang radiasi sinar UV ke mata.

Sebagaimana diketahui, sinar UVA menyebabkan katarak. Sementara sinar UVB dan UVC membuat luka bakar pada mata. Memang, efek radiasi sinar UV tidak langsung terasa, namun daya rusaknya pada penglihatan berlangsung secara bertahap.

Bagi mereka yang menghabiskan waktu berjam-jam bekerja di pertanian indoor yang bermandikan lampu LED, resiko rusaknya mata ini tentu saja sangat besar.

Bukan Kacamata Gaya
(Ini bukan kacamata untuk gaya-gayaan, tapi didesain khusus untuk mereka yang bekerja di indoor farming. Kacamata khusus pertanian indoor ini sudah banyak dijual online seperti di Amazon, eBay, dll. Image : Trade Me)

Baca Juga : Dua Mahasiswa Magang di Program NASA Bertani di Luar Angkasa

Untuk melindungi keselamatan pekerja, Departemen Tenaga Kerja AS yang mengatur Kesehatan dan Keselamatan Pekerja (OSHA), jauh-jauh hari sudah mengantisipasinya. Salah satu standar keselamatan OSHA yang tidak bisa ditawar-tawar adalah mewajibkan perusahaan yang bergerak di pertanian indoor untuk melengkapi para pekerjanya dengan kacamata khusus anti radiasi sinar UV.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan