border=

Metode Vertikultur Bantu Penuhi Kebutuhan Sayur Rumah Tangga

Budidaya Sayuran dengan Metode Vertikultur
(Budidaya sayuran dengan rak bertingkat menghemat lahan. Image : ist)
Pomidor.id – Kiprah perempuan dalam bidang pertanian tidak bisa dipandang sebelah mata. Apalagi dengan memegang posisi strategis dalam kehidupan rumah tangga, misalnya, perempuan dituntut memiliki kecakapan tersendiri agar bisa memenuhi kebutuhan.

Ketua Umum Perempuan Tani-HKTI, Dian Novita Susanto mengatakan, selama ini ada persepsi yang salah dalam mengelola pertanian berskala rumah tangga. Meski dengan perkembangan industri modern 4.0, pertanian tak melulu lewat mesin modern atau lahan yang luas. Metode vertikultur bisa menjadi solusinya.

“Kalau kita membicarakan pertanian 4.0 berbasiskan rumah tangga maka ini lebih mengedepankan inovasi atau bertani secara cerdas. Contohnya, memanfaatkan lahan rumah dengan metode vertikultur atau pertanian vertikultur,” jelas Dian kepada Gatra, di Jakarta, Selasa (11/12).

 border=

Baca Juga : Pertanian Vertikultur, Tak Hanya Indah Tapi Juga Hemat Lahan

Teknik vertikultur adalah metode modern yang memanfaatkan pekarangan atau lahan yang sempit agar lebih optimal. Teknik ini, sambung Dian, akan menyusun tanaman secara bertingkat dari bawah ke atas dengan jenis tanaman yang beragam seperti cabai, bawang merah dan putih atau seledri.

Dian menambahkan, wadah yang bisa digunakan untuk teknik ini juga bisa berbagai macam seperti botol bekas pot, polybag hingga pipa paralon, tergantung kreatifitas masing-masing.

“Cara ini bisa membantu emak-emak dalam ketahanan pangan rumah tangga mereka. Karena dengan menjadikan atau memberdayakan mereka dengan mengedepankan pertanian 4.0 rumahan, maka kita dapat membantu pemerintah dalam mewujudkan ketahanan pangan nasional dengan mencetak SDM unggul berbasiskan pertanian rumah tangga,” demikian dikatakan Dian.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan