Pemerintah Jaga Harga Cabai Stabil dan Terkendali

Harga Cabai Stabil
(Sejak dua tahun terakhir, harga cabai relatif stabil di berbagai daerah di Indonesia, termasuk di Malang. Image : Pomidor)
Pomidor.id – Pemerintah akan terus berupaya untuk menjaga harga komoditas terutama cabai agar selalu stabil dan aman terkendali. Salah satu cara untuk menjaga harga cabai stabil adalah dengan selalu memperhatikan pola tanam cabai di sentra  penanaman cabai yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

Sudah dua tahun ini tercatat pasokan dan harga cabai stabil. Ketersediaan pasokan cabai ini tak lepas dari upaya pemerintah melalui Kementerian Pertanian dalam melakukan antisipasi yang dirancang jauh sebelumnya.

Melalui Direktorat Jenderal Hortikultura, upaya menjaga kestabilan harga cabai dilakukan pembenahan tak hanya dari hulu ke hilir saja. Namun juga keseimbangan pengembangan kawasan antara Jawa dan luar Jawa.

Sejauh ini, perencanaan hingga di daerah-daerah sudah diupayakan sebagai tindak lanjut program swasembada aneka cabai.

Baca Juga : Teknologi Budidaya Kurangi Fluktuasi Harga Bawang Merah dan Cabai

Direktur Sayuran dan Tanaman Obat Prihasto Setyanto turut menyampaikan bahwa pihaknya sudah membuat analisis kebutuhan secara nasional untuk cabai per daerah untuk lebih memudahkan pengaturan pola tanam.

“Kepatuhan daerah dalam pengaturan pola tanam harus benar – benar bisa diterapkan supaya stabilisasi harga dan pasokan bisa terealisasi. Minimal di daerah  masing-masing,” jelas Prihasto dalam keterangan tertulis, Kamis (20/12).

Jika dilihat dari data per tanggal 19 Desember 2018 ini, harga cabai besar di beberapa daerah sangat stabil. Sejumlah wilayah di Jawa Timur, seperti Banyuwangi harga cabai di tingkat petani sekitar Rp 14 ribu/kg. Begitu juga di Probolinggo yang sekitar Rp 15 ribu/kg dan Bangkalan Rp 20 ribu/kg. Di daerah lain, Sukabumi Rp 15 ribu/kg, Tegal Rp 18 ribu/kg, Rejang Lebong Rp 16 ribu/kg, Tapin Rp 20 ribu/kg, dan Kupang Rp 17.500/kg.

Sedangkan di Pasar Induk Kramat Jati Jakarta, sekitar Rp 23.000/kg.

Baca Juga : Menyongsong Rupiah dengan Cabai Keriting

Untuk wilayah Malang Raya, harga cabai besar di tingkat petani bervariasi antara Rp 15 ribu/kg hingga Rp 18 ribu/kg. Sementara di tingkat konsumen harganya Rp 24 ribu/kg hingga Rp 26 ribu/kg.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan