border=

Banyak Jenis Kopi Liar Terancam Punah

Jenis Kopi Liar Banyak yang Terancam Punah
(Jenis-jenis kopi yang populer di mata penikmat kopi, ternyata banyak yang terancam punah. Image : KVLY)
Pomidor.id – Seperti umumnya tanaman lain, kopi yang sering kita nikmati tiap pagi dulunya berasal dari tanaman liar. Tanaman itu kemudian dibudidayakan dan diolah sesuai selera manusia. Namun yang tak banyak diketahui, banyak jenis kopi yang populer dikonsumsi sejagad, ternyata varietasnya terancam punah.

Sebuah penelitian yang dilakukan Kew Royal Botanic Gardens, mengungkapkan bahwa faktor-faktor seperti perubahan iklim, deforestasi, kekeringan dan serangan hama penyakit, menjadi penyebab terancam punahnya sebagian jenis kopi liar.

Penelitian tersebut memaparkan, dari 124 jenis kopi liar, 75 di ambang kepunahan. Sementara 35 jenis lainnya tumbuh di wilayah tanpa perlindungan konservasi.

 border=

Kopi jenis Arabica dinilai paling terancam punah. Penelitian sebelumnya juga menyatakan hal yang sama. Kopi Arabica yang tumbuh liar di alam, diperkirakan akan lenyap di tahun 2080. Padahal varietas kopi ini adalah pemain utama di sektor perdagangan kopi global.

Kopi Arabica yang ditanam di banyak perkebunan kopi dunia berasal dari stok genetik yang sangat terbatas. Kopi ini juga disinyallir rentan terhadap perubahan iklim atau ancaman lainnya, seperti serangan hama dan penyakit.

Baca Juga : Terungkap, Perbudakan di Perkebunan Kopi Bersertifikasi Starbucks

Aaron P. Davis, seorang botanist yang memimpin penelitian tersebut, mengatakan pentingnya pemahaman yang sama pada pihak-pihak yang terkait dengan industri kopi global. Baik keterikatan itu bersifat langsung maupun tidak.

“Penting untuk dipahami, kopi membutuhkan habitat hutan untuk bertahan hidup. Deforestasi (penggundulan hutan) besar-besaran yang terjadi di seluruh dunia, membuat banyak jenis kopi liar berada pada kondisi yang amat mengkhawatirkan. Terancam punah,” terangnya dalam jurnal Science Advances.

“Musti ada tindakan nyata untuk mencegahnya, terutama di kawasan-kawasan tropis seperti di Afrika dan sebagian Asia. Juga di wilayah hutan hujan tropis lainnya yang terkena imbas perubahan iklim,” imbuh Davis.

Pengolahan Kopi di Afrika
(Pengolahan kopi di beberapa negara Afrika masih banyak dilakukan dengan cara sederhana. Spesies kopi liar di benua hitam itu adalah yang paling terancam kepunahan. Image : Bitter Booze)

Baca Juga : Bisnis Kedai Kopi adalah Bisnis Cita Rasa

Ia mengingatkan, ancaman kepunahan jenis-jenis kopi liar akan berpengaruh besar secara ekonomi bagi negara-negara yang selama ini banyak menggantungkan pemasukan dari ekspor komoditas kopi. Selain itu, ada sekitar 100 juta orang di seluruh dunia yang mencari nafkah di perkebunan dan bisnis yang terkait dengan industri kopi.

“Pemerintah dan pelaku bisnis harus berupaya keras meningkatkan perlindungan bagi spesies-spesies kopi yang masih tersisa. Perbanyak benih kopi serta riset untuk menemukan varietas baru yang tahan berbagai ancaman yang bisa membuatnya punah,” tandas Davis.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan