Black Diamond, Apel Hitam yang Hanya Tumbuh di Tibet

Apel Hitam
(Apel Black Diamond hanya tumbuh di dataran tinggi Tibet. Image : Tencentnews)
Pomidor.id – Apel biasanya dikenal dengan warna merah, hijau atau kuning. Kombinasi ketiga warna tersebut juga sering dijumpai. Namun apel hitam? Jangankan melihatnya, fakta ada buah apel berwarna hitam saja kita mungkin baru kali ini mendengarnya.

Tapi buah apel berwarna hitam memang benar-benar ada. Bukan hoaks. Dijuluki “Black Diamond”, apel hitam ini hanya tumbuh di pegunungan Tibet, wilayah otonom China.

Apel Black Diamond termasuk dalam jenis apel Hua Niu (juga dikenal sebagai Chinese Red Delicious). Bedanya, apel ini warnanya ungu gelap dan sekilas terlihat hitam legam.

Warna gelap itu dikarenakan faktor geografis tumbuhnya yang berada di dataran tinggi Nyingchi, Tibet. Perbedaan antara siang dan malam hari yang begitu kontras serta sinar ultraviolet matahari yang intens, menjadi penyebab buah ini berwarna ungu tua.

Baca Juga : Semangka Hitam dari Jepang Mulai Dipasarkan. Nyarinya di Mana?

Dilansir media lokal, sebuah perusahaan China, Dandong Tianluo Sheng Nong Ltd, kemudian mengkomersialkan apel hitam. Perusahaan tersebut mendirikan kebun seluas 50 hektar di ketinggian 3.100 meter di atas permukaan air laut khusus untuk menanam buah eksotis ini.

Mahal
(Mengingat produksinya terbatas dan biaya distribusinya lebih tinggi, Apel Black Diamond pun harganya relatif mahal sehingga hanya dijual di supermarket-supermarket elite. Image : Tencentnews)

“Selain warnanya yang ungu tua berkilau, apel ini juga memiliki tekstur yang lembut. Dari luar, penampakannya terlihat nyaris seperti lilin dan seindah berlian. Itulah kenapa disebut “Black Diamond”, tutur Yu Wenxin, direktur pemasaran perusahaan.

Yu menambahkan, untuk sementara Apel Black Diamond hanya dijual di supermarket-supermarket kelas atas di Beijing, Shanghai, Guangzhou dan Shenzhen.

Baca Juga : Apel Merah atau Hijau, Manakah yang Lebih Bernutrisi?

Apel langka ini umumnya dijual dalam bentuk paket eksklusif berisi 6 sampai 8 buah. Harga per buahnya sekitar 50 Yuan (Rp 103 ribu).

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan