Bulog Perikanan Ditargetkan Sudah Ada Akhir Tahun 2019

Pembentukan Bulog Perikanan Ditargetkan Rampung Akhir Tahun Ini
(Untuk menstabilkan harga ikan saat panen melimpah, keberadaan Bulog Perikanan dinilai sebagai keharusan. Menteri Susi menargetkan pembentukkannya rampung akhir tahun ini. Image : Dok KKP)

Pomidor.id – Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti menilai pembentukan Badan Urusan Logistik (Bulog) di sektor perikanan adalah sebuah keharusan. Ia pun menargetkan pembentukan Bulog Perikanan ini dapat rampung secepatnya, paling tidak sebelum akhir tahun 2019.

“Secepatnya. Bulog ikan harus. Mudah-mudahan sebelum akhir (tahun) selesai,” kata Susi usai rapat di Komplek Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu 23 Januari 2019.

Pembentukan Bulog Perikanan ini dinilai perlu untuk menjaga kestabilan harga komoditas perikanan saat pasokan melimpah. Usulan pembuatan bulog untuk sektor perikanan ini sebelumnya disampaikan oleh perwakilan nelayan saat bertemu dengan Presiden Joko Widodo.

Menurut Menteri Susi, saat ini ada dua BUMN yang berpotensi untuk dijadikan Bulog Perikanan. Perusahaan pelat merah itu adalah Perum Perikanan Indonesia (Perindo) dan PT Perikanan Nusantara (Perinus).

Baca Juga : Neraca Perdagangan Perikanan Indonesia Tertinggi di Asia Pasifik

Namun, Susi tak menerangkan lebih lanjut bagaimana mekanisme pembentukan bulog tersebut. Sebelumnya, para nelayan yang berkunjung ke kantor Presiden Jokowi kemarin menyampaikan masukan yang selama ini mereka rasakan, termasuk terkait pembentukan bulog untuk perikanan.

Salah satu perwakilan nelayan memberikan masukan kepada pemerintah untuk peningkatan kebijakan di sektor perikanan. Selain perizinan serta optimalisasi pulau pulau kecil, nelayan meminta agar dibuatkan bulog di sektor perikanan untuk menstabilkan harga ikan saat panen melimpah.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan