Gara-gara Bumi Menghangat, Pisang Pun Bisa Tumbuh Optimal di Korsel

Menghangatnya Suhu Bumi Memungkinkan Budidaya Pisang di Korsel
(Pemanasan global memungkinkan budidaya pisang di Korea Selatan. Image : Kyunghyang Shinmun)
Pomidor.id – Menghangatnya suhu bumi ternyata membawa dampak lain, yakni tumbuhnya tanaman-tanaman tropis di sebagian wilayah beriklim dingin. Tak terkecuali di Korea Selatan. Pisang, mangga dan aneka buah lainnya yang sebelumnya hanya bisa dijumpai di tempat-tempat beriklim hangat, kini tumbuh dan dibudayakan di negara yang menyebarkan demam K-Pop itu.

Awalnya pohon pisang hanya ditanam di Pulau Jeju yang beriklim subtropis. Namun sekarang pohon-pohon pisang juga mulai banyak dibudidayakan di sejumlah tempat di daratan Korea.

Ahli agronomi di Heunghae, kawasan tenggara negara itu, mengatakan bahwa tahun lalu “penanaman pisang berjalan lancar”. Para petani berharap dapat memanen buahnya pada pertengahan Maret nanti. Sedangkan pisang yang dibudidayakan di daerah Taean, dijadwalkan sudah bisa dipanen pada Februari mendatang.

Tumbuhnya pohon pisang di kedua tempat yang sebenarnya bersuhu dingin ini dinilai sebagai akibat langsung dari pemanasan global. Selama bertahun-tahun eksperimen untuk menanam tanaman tropis terus dilakukan di dalam greenhouse. Namun hasilnya baru terlihat nyata sejak November tahun lalu.

Saat itu bunga pisang atau jantung pisang (orang Jawa menyebutnya ontong), mulai tampak di Heunghae, Pohang. Dinas terkait setempat melihat fenomena ini sebagai peluang yang patut untuk dimanfaatkan. Budidaya pisang secara komersial.

Baca Juga : Siapa yang Paling Diuntungkan oleh Perubahan Iklim? Rusia!

Pusat Teknologi Pertanian Pohang memperkirakan pisang akan menjadi komoditas yang dapat meningkatkan pendapatan petani. Jauh melebihi dari yang mereka peroleh dari menanam padi.

Para petani sendiri mengklaim bahwa pisang yang mereka tanam berkualitas baik. Dari sampel yang ada menunjukkan kandungan gulanya lebih tinggi dari pisang impor. Begitu pula dengan prospek panenannya yang lebih besar.

“Kami berharap bisa memanen sekitar 50 kg dari masing-masing pohon. Itu di atas umumnya panenan pisang yang rata-rata 30-35 kg per pohon,” kata seorang petani dilansir dari Kyunghyang Shinmun.

Petani itu menambahkan, panenan pisang bisa bagus karena Taean “berkelimpahan sinar matahari”.

Pisang Dalam Greenhouse di Haenam, Korsel
(Eksperimen budidaya pisang dalam greenhouse di Haenam. Image : Haenam Agricultural Technology Center)

Baca Juga : Budidaya Pisang di Dalam Greenhouse Ternyata Menguntungkan

Sementara itu, Dinas Pertanian Haenam, salah satu produsen utama beras di Korea Selatan, sudah lama mencoba membudidayakan pisang, mangga, bahkan kopi, di wilayahnya. Upaya tersebut menunjukkan tanda-tanda membuahkan hasil, lagi-lagi, berkat menghangatnya suhu bumi.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan