border=

Hindari Pikun dengan Rutin Minum Segelas Jus Jeruk Tiap Hari

Jus Jeruk
(Jus jeruk dapat mencegah kepikunan dini. Image : Shutterstock)
Pomidor.id – Jus jeruk tak hanya minuman yang menyegarkan di kala dahaga, tapi juga menyehatkan. Selain rendah kalori, kandungan vitamin C yang ada dalam segelas minuman hasil perasan jeruk ini juga dapat menghindarkan diri dari kepikunan dini.

Sebagai minuman yang kaya akan vitamin C, jus jeruk merupakan antioksidan dan agen detoksifikasi yang bekerja menetralkan radikal bebas di dalam tubuh kita. Dalam banyak studi tentang kesehatan, minuman ini juga kerap dirujuk sebagai cara sederhana dan murah meriah untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Sebuah penelitian terbaru yang dilansir jurnal Neurology, bahkan mengungkapkan rutin meminum segelas jus jeruk setiap hari dapat mencegah dari resiko demensia atau kemunduran kinerja fungsi otak. Bahasa awamnya, pikun.

 border=

Baca  Juga : Sirup Black Garlic, Bumbu Sekaligus Obat Tangkal Gangguan Kognitif

Dalam penelitian tersebut, para pakar nutrisi mengambil sampel dari 28 ribu lansia yang semuanya berjenis kelamin laki-laki. Seluruh responden diobservasi pola makan mereka selama dua dekade terakhir yang dimulai ketika mereka berusia 51 tahun.

Berdasarkan hasil tes yang dilakukan setiap empat tahun sekali, para peneliti menemukan bahwa di usia 70-an, laki-laki manula yang teratur mengkonsumsi sayur dan buah di sepuluh tahun sebelumnya mempunyai resiko masalah kognitif lebih rendah 17 persen.

“Peran protektif dari konsumsi buah secara teratur diamati secara mendalam pada orang-orang berusia lanjut,” urai Changzheng Yuan, peneliti utama di studi tersebut.

“Karena jus buah umumnya mengandung konsentrat gula (alami) yang pekat, yang terbaik adalah mengkonsumsinya tidak berlebihan tetapi rutin. Segelas jus jeruk setiap hari efektif menjaga kemampuan kognitif seseorang, khususnya lansia,” imbuhnya.

Baca Juga : Konsumsi Sayur dan Buah Segar Jaga Fungsi Pendengaran

Studi tersebut menjelaskan, kebiasaan meminum segelas jus jeruk setiap hari tak hanya baik untuk orang-orang renta. Tetapi secara signifikan juga berdampak positif mencegah kepikunan dini bagi mereka yang menginjak usia paruh baya.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan