border=

Manfaat Menakjubkan Ontong Pisang bagi Kesehatan

Ontong Pisang
(Banyak manfaat ontong pisang bagi kesehatan. Image : ist)
Pomidor.id – Bunga pisang, atau orang Jawa menyebutnya ontong, adalah bunga dari pokok tanaman pisang yang berfungsi menghasilkan buah. Warnanya merah keunguan dan kulitnya berlapis-lapis. Sebagian masyarakat Indonesia sangat familiar dengan kuliner berbahan baku bunga pisang ini.

Walau pun berasal dari pohon pisang, ontong pisang tidak digolongkan sebagai buah. Tapi sayuran. Dan sebagaimana umumnya sayuran, ontong kaya akan serat sehingga mengkonsumsinya akan memperlancar pencernaan serta mencegah sembelit.

Sejumlah penelitian juga mengungkapkan bahwa bunga pisang memiliki manfaat menyembuhkan infeksi dan menghambat pertumbuhan bakteri. Hal ini karena bunga pisang mempunyai ekstrak etanol yang mempercepat pemulihan tubuh setelah infeksi.

 border=

Kandungan etanol alami dalam ontong pisang juga berfungsi sebagai antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas dan mencegah kanker.

Baca Juga : Konsumsi Tomat dan Apel Perbaiki Paru-Paru Mantan Perokok

Bagi penderita diabetes, sering-sering menyantap kudapan olahan (lauk pauk) dari ontong pisang ini bermanfaat mengurangi kadar insulin.

Selain itu, bagian pisang yang kadang disebut sebagai jantung pisang ini memiliki kelebihan lain. Yakni membantu mencegah pertumbuhan plasmodium, parasit penyebab malaria.

Lodeh Ontong Pisang
(Lodeh ontong pisang. Image : Kuliner Nusantara)

Bagi ibu menyusui, ontong dapat meningkatkan produktivitas ASI karena kaya akan serat. Sedang kandungan zat besi yang dimiliknya akan meningkatkan produksi sel darah merah sehingga menambah kadar hemoglobin dalam darah.

Baca Juga : Buah Petai, Si “Bau” yang Kaya Manfaat untuk Kesehatan

Ada satu lagi manfaat ontong  pisang yang mungkin akan membantu Sampeyan-sampeyan yang sering uring-uringan atau stress.

Unsur magnesium yang banyak terdapat di dalam ontong akan membantu meredakan ketegangan dan meningkatkan rasa relaks. Ini karena magnesium berperan penting dalam fungsi otak yang mengatur mood. Mengkonsumsi makanan kaya magnesium, termasuk bunga pisang, akan membuat interaksi antar sel saraf menjadi lebih optimal sehingga meningkatkan pengelolaan stress dari dalam tubuh.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan