border=

Paling Rendah, Residu Pestisida pada Produk Makanan di Jerman

Residu Pestisida di Jerman Paling Rendah
(Sangat sedikit ditemukan residu pestisida pada produk buah yang ditanam di Jerman. Image : LID)
Pomidor.id – Di antara negara-negara maju, produk-produk pertanian Jerman adalah yang paling bersih. Tingkat residu pestisida yang ditemukan dalam produk sayur, buah dan olahan makanan di negara tersebut jauh di bawah ambang batas yang ditetapkan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Berdasarkan data Badan Perlindungan Konsumen dan Keamanan Pangan Pemerintah Federal Jerman (BVL/Bundesamt für Verbraucherschutz und Lebensmittelsicherheit), hanya 1,1 persen residu pestisida atau bahan kimia sintetis yang terdapat dalam makanan yang diproduksi di negara itu.

Dibandingkan dengan negara-negara Uni Eropa lainnya, angka itu terbilang sangat rendah. Secara rata-rata, tingkat kontaminasi bahan kimia dalam makanan di negara-negara anggota UE adalah 1,9 persen. Sementara di negara-negara ketiga atau negara berkembang, kontaminasinya bisa mencapai 6,3 persen.

 border=

Baca Juga : Penggunaan Pestisida Mutlak Harus Dikendalikan

Hasil pertanian yang populer seperti wortel, kentang, apel serta tanaman musiman seperti strawberry atau buah ceri, selama bertahun-tahun sisa kandungan pestisida yang ditemukan selalu rendah. Bahkan sering kali nyaris tak ada residu apa pun yang bisa membahayakan kesehatan.

Begitu pula dengan produk impor seperti pir, kismis, anggur, jeruk, kiwi, melon atau produk daging. Pengawasan yang ketat membuat produk-produk makanan tersebut sangat aman dikonsumsi. Hal ini karena residu kimia yang ditemukan jauh di bawah ambang batas yang ditentukan.

Kendati demikian, ada juga sejumlah komoditas makanan yang memiliki tingkat residu pestisida agak tinggi. Misalnya, teh (14,7%), kacang kering (9,5%), rempah segar (9%) dan paprika (7,4%). Sebagian besar komoditas ini dipasok dari negara berkembang.

Baca Juga : Ini Lho, Negara-negara Konsumen Produk Organik Terbesar di Dunia

Laporan BVL juga menyebutkan tentang tingkat keamanan makanan organik. Hasil sampel dalam dua tahun terakhir, produk pertanian atau makanan organik yang terdeteksi mengandung residu pestisida atau bahan kimia lainnya rata-rata tak lebih dari 0,8 persen.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan