Petani Nanas India, Dorong Sepeda Penuh Nanas Hingga Puluhan Kilometer

Petani Nanas India
(Long march petani nanas mendorong panenan mereka dari desa ke kota Madhupur, India. Tak main-main satu kali perjalanan bisa menempuh jarak sekitar 20 km. Image : About Her)
Pomidor.id – Nanas merupakan buah yang sangat populer dan mudah ditemui dijual di pinggir-pinggir jalan di kota Madhupur, India. Namun kisah di balik perjalanan para petani nanas membawa hasil panenan mereka dari desa ke kota yang terletak di negara bagian Jharkhand itu, tak kalah menariknya untuk disimak.

Alih-alih menggunakan truk atau mobil pengangkut barang lainnya, nanas-nanas itu dibawa ke Madhupur dengan sepeda. Sepeda penuh nanas itu pun bukannya dinaiki, melainkan didorong. Padahal jarak terdekat dari desa ke pasar buah di Madhupur tak kurang dari 20 km. Setiap sepeda membawa antara 50 sampai 100 nanas siap jual.

“Sungguh menakjubkan melihat bagaimana mereka mengangkut nanas dengan cara seperti itu,” ujar Abdul Momin, seorang fotografer yang mengambil momen kala para petani nanas dari desa berduyun-duyun menuju kota Madhupur.

Baca Juga : Ribuan Petani India Demo Tuntut Perbaikan Harga Komoditas Pertanian

“Saya tahu betapa sulitnya mereka mencari nafkah. Jika dilihat dari dekat, keringat tampak terus bercucuran saat mereka mendorong sepeda berisi nanas itu menempuh perjalanan yang jauh,” lanjut Momin.

Berikut beberapa bidikan Abdul Momin ketika selama dua jam mengikuti long march para petani nanas menuju ke pasar di kota.

Petani Nanas2Petani Nanas3Petani Nanas5Petani Nanas4Petani Nanas5

Sampailah di Pasar.

Pasar Nanas1Pasar Nanas2

Foto-foto selengkapnya bisa dilihat di laman About Her.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan