border=

Vietnam Bangun Perpustakaan Bernuansa Aquaponik Ramah Anak

Perpustakaan Bernuansa Aquaponik Ramah Anak
(Perpustakaan bernuansa aquaponik yang dapat memancing minat anak-anak membaca buku. Image : Inhabitat)
Pomidor.id – Perpustakaan di mana-mana identik dengan buku. Deretan rak berisikan puluhan ribu bahkan jutaan buku, suasana hening, wajah-wajah serius pengunjung serta penjaga bertampang galak, adalah pemandangan yang barangkali sangat familiar untuk menggambarkan suasana di perpustakaan.

Untuk menghilangkan gambaran menjemukan semacam itu, Pemerintah Vietnam membangun sebuah perpustakaan yang berkesan lebih bersahabat dan menarik minat, khususnya anak-anak. Selain buku-buku, perpustakaan itu penuh dengan ikan koi dan aneka tanaman yang dipelihara dengan sistem aquaponik. Juga ada arena bermain yang bisa dimanfaatkan anak-anak yang berkunjung ke sana.

Nuansa aquaponik di perpustakaan yang berada di ibukota Hanoi itu dimaksudkan untuk mengajari sejak dini anak-anak tentang pertanian perkotaan atau urban farming. Terutama tentang sistem produksi pangan terintegrasi dan berkelanjutan.

Baca Juga : Peduli Lingkungan? Biarkan Anak Anda Bermain di Luar

Struktur bangunan perpustakaan sebagian besar dari kayu yang disekat menjadi bilik-bilik kecil penuh buku. Sedang luasnya kurang lebih sekitar 600 meter persegi.

Berikut penampakan perpustakaan yang unik tersebut. Seluruh gambar merupakan courtesy dari laman arsitektur dan lingkungan, Inhabitat1-Perpustakaan Bernuansa Aquaponik Ramah Anak

2-Perpustakaan Bernuansa Aquaponik Ramah Anak

3-Perpustakaan Bernuansa Aquaponik Ramah Anak4-Perpustakaan Bernuansa Aquaponik Ramah Anak

5-Perpustakaan Bernuansa Aquaponik Ramah Lingkungan

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan