border=

Bahrul Ulum, Jual Bibit Ikan Seharga Gopekan Sampai Jutaan Rupiah

Bahrul Ulum di Kolam Ikan Koi
(Bahrul Ulum di kolam ikan koi miliknya. Image : Pomidor)
Pomidor.id – Sukses menjual ikan hias dengan harga mahal seperti ikan koi dan ikan predator tidak membuat Bahrul Ulum mengesampingkan menjual ikan dengan harga murah seperti ikan lele. Secara telaten warga yang tinggal di Jl Mayjen Sungkono Gang VI ini melayani pembeli termasuk anak-anak. 

Selain menjual ikan mahal seperti Koi dan Predator yang harganya bisa mencapai ratusan ribu hingga jutaan rupiah, Bahrul Ulum mengatakan ia juga menjual bibit ikan murah. Seperti ikan lele yang dijual dengan harga Rp Rp 500/ekor.

‘Selain ikan mahal saya juga menjual ikan murah, ini untuk berjaga jaga saat ada anak kecil yang datang ingin membeli ikan namun uangnya sangat terbatas,” jelas Ulum, Jumat (15/2).

 border=

Bagi Ulum menjual ikan kepada anak kecil selain membawa kepuasan ikan bisa laku juga bisa menjadi ajang yang baik untuk mendidik anak cinta ikan. Dengan memelihara ikan sejak kecil, diharapkan ke depan akan semakin banyak lahir pecinta ikan yang otomatis akan membuat pasar ikan berkembang.

Baca Juga : Eri Tri Wardana, Sukses dengan Andalkan Pakan Alami Lele

Bahrul Ulum mengungkapkan sebelum sukses budidaya ikan seperti saat ini, awal-awalnya ia juga sering rugi. Di tahun 2010 hingga 2013, ia sudah mengupayakan berbagai macam cara budidaya. Mulai yang organik sampai yang bioflok pernah dicobanya. Tetapi terus gagal.

“Dari serangkaian kegagalan itu saya terus belajar. Setelah empat tahun berjalan, barulah saya bisa menemukan komposisi yang pas untuk budidaya ikan,” tuturnya.

Belajar dari pengalaman sering gagal itulah ia tidak segan berbagi ilmu. Termasuk memberi informasi-informasi yang berguna pada anak-anak kecil yang datang ke tokonya untuk membeli ikan.

“Bahkan saat anak-anak beli ikan hanya seekor Rp 500 juga saya layani. Ini saya maksudkan agar anak-anak tidak berkecil hati agar bisa belajar memelihara ikan sejak dini,’ kata Ulum.

Baca Juga : Peternak Ikan Karamba di Kali Kasin Butuh Perhatian

Berkat kegigihan selama ini dalam beternak ikan, ia mengungkapkan kini sudah memiliki pangsa pasar tersendiri. Baik itu untuk di sekitaran Malang maupun di luar kota. Terkadang juga sampai ke luar pulau.

“Banyak pesanan baik ikan lele, maupun ikan hias kepada saya tidak hanya dari Malang saja. Tapi juga dari daerah lain yang sudah lebih dulu dikenal sebagai sentra ikan. Misalnya, Tulungagung,” ujar Ulum. (yok)

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan