Dana Insentif Daerah Diberikan ke Pemda yang Berhasil Kelola Sampahnya

Dana Insentif Daerah Bagi Pemda yang Berhasil Kelola Sampahnya
(TPA Supit Urang di Kelurahan Mulyorejo, Kecamatan Sukun, Kota Malang. Daerah diminta mengelola sampahnya lebih baik lagi. Sebagai insentif, pemerintah akan memberikan DID bagi Pemerintah Daerah yang berhasil mengelola sampah di wilayahnya dengan baik. Image : ist)

Pomidor.id – Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menyatakan bahwa tahun 2019 ini Dana Insentif Daerah (DID) juga mendukung pengelolaan sampah di daerah. Pemerintah akan memberikan DID bagi daerah yang mampu mengelola sampahnya dengan baik.

Demikian rilis resmi pernyataan Menkeu Sri Mulyani mengenai pengucuran Dana Insentif Daerah untuk mendukung pengelolaan sampah di daerah.

DID pada tahun 2019 dialokasikan sebesar Rp10 triliun yang akan dibagikan kepada daerah yang memiliki prestasi. Pengukuran prestasi diukur dengan 4 kriteria utama dan 11 kriteria kinerja. Indikator kinerja pengelolaan sampah laut dinilai dari indikator penerapan kebijakan dan progress pembatasan sampah plastik. Begitu pula dengan penerapan kebijakan dan program daur ulang & guna ulang sampah plastik.

Baca Juga : Pemerintah Bertekad Wujudkan Indonesia Bersih

Menkeu Sri Mulyani
(Menteri Keuangan Sri Mulyani.)

“Pada tahun ini, kami juga menambahkan 11 kriteria kinerja yang salah satunya adalah mengenai pengelolaan sampah. Jadi, kalau Bapak dan Ibu di daerah bisa mengelola dan menangani sampah sebagai aspek yang berpotensi menimbulkan dampak negatif bagi masyarakat, maka itu dianggap sebagai kinerja yang baik. Oleh karena itu, kami memasukkannya sebagai salah satu kriteria dari DID,” terang Menkeu.

Lebih lanjut, Menkeu menyampaikan bahwa pengelolaan sampah ini bertujuan agar Pemerintah Daerah (Pemda) dapat mengurangi dan mengelola sampah plastik. Sehingga pencemaran lingkungan laut yang bersumber dari sampah plastik dapat dikurangi.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan