border=

Industri Pisang Organik Kewalahan Penuhi Permintaan Pasar Global

Industri Pisang Organik Kewalahan Penuhi Permintaan Pasar Global
(Mayra Velazquez de León, Presiden dan CEO Organics Unlimited. Image : Organics Unlimited)
Pomidor.id – Pasar untuk industri pisang organik beberapa tahun terakhir ini terus berkembang pesat di seluruh dunia. Bagi produsen, ini adalah tugas berat sekaligus tantangan terbesar mereka.

Demikian dikatakan Mayra Velazquez de León, Presiden dan CEO Organics Unlimited, salah satu suplier utama pisang organik di daratan Amerika Utara, Meksiko dan Jepang. Organics Unlimited berkantor pusat di San Diego, AS.

Menurut Mayra, perusahaannya harus mampu menyediakan informasi segamblang-gamblangnya kepada konsumen bagaimana proses produksi dan dari mana saja pisang-pisang organik tersebut berasal. Selain itu, perusahaan juga mempunyai standar tanggung jawab sosial yang harus dijaga.

 border=

“Pisang sudah lama menjadi salah satu buah paling populer karena ketersediaannya yang melimpah serta kandungan nilai gizinya,” ujar Mayra.

“Namun khusus untuk pisang organik, popularitasnya yang meningkat pesat sering tak sebanding dengan pasokan. Itu pula yang membuat perusahaan kami (Organics Unlimited) tertarik untuk terjun di industri ini. Tantangan terbesar yang dihadapi industri pisang organik adalah memenuhi permintaan pasar global,” imbuhnya.

Di Perkebunan Pisang Organik
(Mayra Velazquez de León di perkebunan pisang organik rekanan Organics Unlimited di Colima, Meksiko. Tingginya permintaan di pasar global, membuat industri pisang organik kewalahan memenuhinya. Image : Organics Unlimited)

Baca Juga : Pisang Organik di Meksiko Nikmati Puncak Produksi

Mayra menyebutkan karena alasan kesehatan,  pisang organik berbeda dari pisang konvensional karena lebih sehat.

Ia menambahkan, selama ini banyak orang sulit membedakan mana pisang yang organik mana yang biasa. Pasalnya, secara kasat mata warna kulitnya nyaris tak ada perbedaan. Meski begitu, pisang yang dibudidayakan dengan cara konvensional kurang menguntungkan dari sisi kesehatan. Pupuk kimia yang digunakan dalam pertanian konvensional, termasuk budidaya pisang, merasuk ke dalam tanah yang pada akhirnya akan meresap pula ke dalam batang pohon dan buahnya.

“Hal ini berbeda dengan yang dibudidayakan secara organik. Penelitian menunjukkan bahwa produk organik lebih sehat sekaligus lebih baik bagi lingkungan karena tidak menghasilkan limbah kimia yang bisa saja mengalir ke sumber-sumber air,” tutur Mayra.

Proses Pembersihan Pisang Sebelum Dipacking
(Proses pencucian sebelum pisang-pisang ini dikemas rapi dan siap didistribusikan ke negara-negara tujian. Image : Hive Miner)

Mengembangkan GROW

Salah satu program terpenting yang saat ini tengah dikembangkan Organics Unlimited adalah Program GROW, Giving Resources and Opportunities to Workers (Memberi Sumber Daya dan Peluang bagi Pekerja).

Program yang diluncurkan sejak tahun 2005 ini merupakan inisiatif untuk memberdayakan petani dan membantu komunitas mereka. Bagi perusahaan, tanggung jawab sosial adalah faktor kunci dan nilai lebih yang signifikan bagi konsumen.

Baca Juga : Sisi Gelap Industri Pisang : “Main Semprot. Mereka Pikir Kami Pisang?”

“Konsumen biasanya ingin tahu dari mana makanan mereka berasal dan bagaimana makanan itu diproduksi (dibudidayakan). Organics Unlimited adalah perusahaan yang ramah lingkungan dan berkelanjutan yang membantu masyarakat melalui Program GROW. Dengan GROW, kami menyediakan layanan sosial seperti klinik kesehatan, beasiswa pendidikan, penyediaan air bersih dan masih banyak lagi. Tahun lalu saja kami sudah memperluas program perawatan kesehatan kami,” ujar Mayra.

Boks Pisang Organik
(Boks pisang organik. Pemberian label GROW menunjukkan perusahaan menyisihkan sebagian keuntungan untuk mendukung program-program yang bersifat sosial. Image : Organics Unlimited)

Perempuan berdarah Meksiko ini mengatakan, lebih dari USD 2 juta telah disumbangkan untuk mendukung program-program sosial untuk masyarakat yang tinggal di sekitar areal perkebunan pisang organik yang menjadi pemasok Organics Unlimited. Program sosial itu termasuk menyediakan dana bantuan bagi masyarakat yang terkena musibah bencana alam.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan