Jamu Temulawak dan Jahe, Rahasia Presiden Jokowi Selalu Prima

Temulawak & Jahe, Rahasia Jokowi Selalu Prima
(Tak hanya rutin minum jamu dan olahraga, pikiran yang bersih juga berperan menjaga fisik selalu prima. Image : Dok KSP)
Pomidor.id – Presiden Joko Widodo (Jokowi) membuka rahasia penampilannya yang selalu prima meski bekerja hampir tidak pernah beristirahat. Selain sudah terbiasa bekerja keras, Presiden mengatakan dirinya setiap pagi rutin minum jamu temulawak 80 persen dan jahenya 20 persen.

“Saya memang sudah 17 tahun ini rutin minum jamu. Berkali-kali sudah saya sampaikan membuat sendiri. Temulawak 80 persen, jahenya 20 persen setiap pagi hanya pagi buat sendiri dan perut belum terisi sudah minum itu,” kata Presiden Jokowi menjawab salah seorang redaktur dalam kunjungannya ke kantor redaksi Suara Merdeka, Semarang, Jateng, akhir pekan lalu.

Menurut Presiden, temulawak itu menggandung curcuma yang membangun di dalam tubuh, terutama di sisi pencernaan, di ginjal semuanya, di hati semuanya diperbaiki di situ. Ditambahkan Presiden, dirinya juga sudah tiga tahun ini juga membiasakan seminggu 3 kali minum kelapa hijau.

“Ini baru sekitar 3 tahun. Kalau yang tadi udah 17, 18 tahun,” ujar Kepala Negara.

Baca Juga : “Suwe Ora Jamu” Berkumandang di Paris

Sebelumnya Jokowi menuturkan kebiasaannya bekerja keras itu sudah lama. Sebagai seorang pengusaha (sebelum menjadi pejabat publik) yang produknya diekspor juga harus on time delivery. Karena itu, Presiden mengaku biasa bekerja dari subuh sampai tengah malam, bahkan subuh sampai subuh biasa.

“Saya pernah saat dolar waktu tinggi-tingginya di tahun 1998, nggak pulang saya kerja. Tidur mungkin hanya 1 – 2 jam di pabrik, karena saya tahu ini, nggak akan muncul kesempatan seperti yang kedua. Sehingga saya gunakan kesempatan itu menaikkan kapasitas produksi dengan yang biasanya 1 sift jadi 3 sift,” ungkap Presiden seraya menambahkan sudah biasa tidur sejam dua jam.

“Memang tidurnya sedikit. Tapi yang penting kualitasnya betul,” imbuhnya.

Baa Juga : Kiprah Menteri Susi Diulas Khusus New York Times

Untuk olahraga, Presiden mengatakan gemar melakukan jalan kaki. Termasuk ketika melakukan kunjungan tugas. Sedang untuk olahraga agak berat, ia rutin jogging seminggu dua kali.

Kalau pun kadang ia kelihatan agak gemuk, termasuk saat menjadi Walikota Solo, itu bukan karena badannya yang melar. Melainkan bajunya yang agak dilonggarkan.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan