Permintaan Sitrus “Tangan Budha” Melonjak Jelang Imlek

Sitrus Tangan Budha
(Sitrus “Tangan Budha” banyak dicari untuk pelengkap perayaan Imlek. Image : Pinterest)
Pomidor.id – Menjelang perayaan Tahun Baru Imlek, permintaan akan buah sitrus “Tangan Budha” melonjak beberapa kali lipat. Buah langka nan eksotis ini populer sebagai ornamen pelengkap perayaan Imlek. China, Myanmar, Vietnam dan Jepang adalah negara-negara yang banyak membudidayakan tanaman ini. Meski demikian, produsen utama sitrus “Tangan Budha” justru dipegang California, Amerika Serikat.

Sitrus “Tangan Budha” (Citrus medica var. sarcodactylis) merupakan salah satu varietas jeruk nipis. Dinamakan “Tangan Budha” karena bentuknya yang ngreruwel menyerupai jari-jari tangan manusia.

Mendekati perayaan Tahun Baru Imlek Selasa pekan depan, permintaan akan buah yang kadang diidentikkan dengan blessing Budha ini meningkat drastis. Namun curah hujan yang tinggi di California, produsen utama sitrus ini, sempat dikhawatirkan akan mengganggu pasokan mengingat tanamannya rentan terhadap perubahan cuaca yang terlalu ekstrim.

Baca Juga : Semangka Mini Ukurannya Hanya Sebesar Ujung Jempol

“Tapi sekarang cuaca sudah membaik. Suplai bagus dan cukup untuk memenuhi kebutuhan di Tahun Baru Imlek,” kata Alex Berkley dari Frieda’s Specialty Produce, suplier buah-buahan asal California, AS.

“Saat Imlek, si “Tangan Budha” ini menjadi buah yang banyak dicari tak hanya oleh orang Asia, tapi juga non-Asia,” imbuhnya.

Selain “Tangan Budha”, buah-buahan lain yang diminati untuk menemani perayaan Imlek karena dianggap membawa keberuntungan adalah manggis, lobak putih, jeruk mandarin, delima, buah persik, apel dan nanas.

Untuk AS, produksi sitrus “Tangan Budha” sebagian besar berasal dari Central Valley California dan San Diego.

Tabulampot Citrus Tangan Budha
(Tabulampot sitrus “Tangan Budha” untuk penyegar ruangan. Image : The Trees)

Baca Juga : Sayuran Bonsai Lagi Trending di Shanghai

Sebagai informasi, sitrus ini tidak memiliki daging buah. Juga tidak berair atau berbiji. Jadi yang dikonsumsi hanya kulitnya. Namun kelebihannya, kulit sitrus “Tangan Budha” mengandung minyak asiri sehingga biasanya menjadi campuran salad, pembuatan permen, es krim atau pun yoghurt untuk memberikan sentuhan rasa asam. Tak jarang pula digunakan untuk melumuri ikan agar tidak berbau amis.

Di beberapa negara seperti Jepang dan China, sering dijumpai tanamannya ditaruh dalam pot sebagai penghias sekaligus pengharum ruangan karena aromanya yang menyegarkan.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan