border=

Petani Polandia Tuntut Normalisasi Hubungan Dagang dengan Rusia & Batasi Impor Makanan dari Eropa Barat

Petani Polandia Demo
(Demo petani Polandia menuntut normalisasi hubungan perdagangan dengan Rusia dan menolak ketergantungan impor makanan dari Eropa Barat. Image : Sputnik News)
Pomidor.id – Ribuan petani Polandia berkumpul dan menggelar demo di luar istana kepresidenan di ibukota Warsawa, Rabu (6/2). Para petani dari berbagai penjuru Polandia itu menuntut pemerintah melanjutkan kembali hubungan perdagangan dengan Rusia. Selain itu, mereka juga menginginkan pembatasan impor produk makanan dari Eropa Barat.

Dalam tuntutannya, para petani Polandia meminta berbagai kompensasi (subsidi), pengendalian impor serta kenaikan harga komoditas produk pertanian yang mereka hasilkan. Mereka juga marah dengan ditutupnya akses ke pasar Rusia.

“(Dulu) saat pasar Rusia terbuka, saya bisa membeli traktor baru dari hasil 3 hektar tanaman kentang. Tapi sekarang, hal itu tidak mungkin,” kata salah seorang petani kepada Sputnik News.

Petani lainnya mengeluhkan banyaknya produk impor makanan dari Eropa Barat yang membanjiri toko-toko bahan makanan di Polandia.

“Kami memproduksi daging berkualitas tinggi. Tapi kami justru mengkonsumsi daging impor berkualitas rendah,” ujarnya.

Baca Juga : Jaringan McDonald di Rusia Mulai Gunakan Kentang Lokal

Pada tahun 2014, sejumlah negara Barat menerapkan sanksi terhadap Moskwa atas dugaan keterlibatan dalam urusan dalam negeri Ukraina dan penyatuan kembali Krimea dengan Rusia.

Sebagai balasan, Agustus 2014 Presiden Vladimir Putin menandatangani dekrit yang melarang impor produk pertanian dan makanan dari negara-negara yang mendukung sanksi terhadap Rusia. Termasuk Polandia.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan