Sayuran Jenis Brassica Cegah Pengerasan Pembuluh Darah Leher

Sayuran Jenis Brassica
(Sayuran jenis kubis-kubisan atau brassica efektif cegah pengerasan pembuluh darah leher dan bersifat antikanker. Image : Juicing for Health)

Pomidor.id – Sayuran jenis brassica, atau yang juga dikenal dengan keluarga cruciferous, memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Lobak, brokoli, kembang kol, kecambah, kailan, selada dan kubis, merupakan beberapa sayur yang masuk jenis brassica. Jika dikonsumsi teratur, sayur-sayuran ini dapat membantu mencegah pengerasan pembuluh darah leher.

Sebuah studi kesehatan menyatakan bahwa mengkonsumsi sayuran jenis brassica secara teratur setiap hari dapat menghindarkan pengerasan pembuluh darah leher, terutama bagi perempuan lanjut usia. Selain itu, sayuran jenis ini juga terbukti mengurangi resiko penyakit jantung dan kanker.

Dalam studi tersebut, konsumsi rutin sayuran ini menurunkan ketebalan dinding arteri karotis hingga 0,05 milimeter.

“Hasil studi kami menunjukkan adanya kaitan lansung antara konsumsi sayur sayuran dari keluarga cruciferous dengan perlindungan terhadap dinding arteri karotis. Menebalnya arteri ini biasanya disebabkan oleh faktor gaya hidup dan resiko penyakit kardiovaskular, kata salah seorang peneliti dari University of Western Australia, Lauren Blekkenhorst.

Blekkenhorst menambahkan, asupan 10 gram per hari sayur-sayuran ini dikaitakan dengan penurunan rata-rata hingga 0,8 persen ketebalan dinding arteri karotis.

Baca Juga : Konsumsi Sayur dan Buah Segar Jaga Fungsi Pendengaran

Kandungan senyawa kimia diindolylmethane (DIM) juga mempunyai efek yang bersifat antikanker. Senyawa ini dapat memperlambat tumbuhnya sel kanker payudara dan prostat.

Untuk kanker prostat, pertumbuhan bahkan melambat sampai 70 persen dibanding orang yang tak mengonsumsi cruciferous.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan