Wine Durian, Tak Semematikan Kombinasi Durian dan Alkohol

Tes Wine Durian di NUS
(Eksperimen pembuatan wine dari durian di laboratorium National University of Singapore. Image : NUS)
Pomidor.id – Sudah banyak penelitian yang menyebutkan bahwa memakan durian dan meminum alkohol di saat yang bersamaan dapat berakibat fatal. Namun berbeda halnya dengan wine durian. Walau sama-sama mengandung alkohol, wine yang terbuat dari durian ini tidak berbahaya. Hanya saja, rasanya belum terasa seperti durian beneran.

Durian dan alkohol memang adalah kombinasi yang mematikan. Menyantap durian sembari menenggak alkohol, sekali pun berkadar rendah seperti bir, akan menyebabkan kembung, gangguan pencernaan serta memforsir kerja liver (hati). Liver harus bekerja keras menetralisir kandungan lemak dan gula dalam durian sekaligus zat beracun yang dibawa alkohol.

Bahkan jika mengkonsumsinya berlebihan, bisa menimbulkan kerusakan besar pada hati dan tubuh. Akibatnya akan fatal dan tidak tertutup kemungkinan berujung pada kematian.

Durian & Alkohol, Kombinasi Mematikan
(Segelas bir dan durian adalah kombinasi yang mematikan. Ga usah kepo, deh, coba-coba mau membuktikan. Image : Durian Inside)

Baca Juga : Mengoplos Minuman Energi dengan Alkohol? Situ Waras?

Meski begitu, para peneliti dari National University of Singapore (NUS) mencoba dalam banyak eksperimen untuk memunculkan kandungan alkohol dalam durian yang bisa dinikmati tapi tidak mematikan. Eksperimen tersebut berupa wine dari durian.

Wine atau anggur durian ini berwarna kuning terang transparan, mirip sari apel. Kandungan alkoholnya sekitar 7 persen. Menurut orang-orang yang pernah mencicipinya, rasa wine yang terbuat durian ini manis dan enak.

Tapi ada juga yang mengatakan rasa duriannya tidak terasa sama sekali. Hanya terasa seperti wine putih biasa.

Karena itulah para peneliti di NUS saat ini tengah berusaha menyempurnakan wine durian tersebut agar betul-betul berasa durian sebelum melepasnya ke pasaran.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan