border=

Indikasi Geografis, Garansi Mutu Kopi Indonesia di Pasar Internasional

Indikasi Geografis Garansi Mutu Kopi Indonesia
(Indikasi Geografis menjadi jaminan mutu kopi Indonesia, termasuk Kopi Gayo. Image : Startup HKI)
Pomidor.id – Dalam Workshop Harmonisasi Pengembangan Kopi Hulu Hilir, Senin (11/3), Ketua Asosiasi Indikasi Geografis Indonesia (AIGI), Riyaldi, menyebutkan saat ini pasar kopi banyak terdistori oleh ketiadaan garansi mutu kopi Indonesia. Produk-produk yang dijual kerap mendompleng nama kopi-kopi yang terkenal kualitas dan kenikmatannya.

“Orang bilang kopi Mandailing bagus, semua orang kalau mau jualan supaya laku dia bilang kopinya kopi Mandailing. Itu adalah penipuan terhadap masyarakat dan penipuan  terhadap petani,” ujarnya.

Adanya praktik seperti ini menurutnya berpotensi membuat kopi asli dari Indonesia yang benar-benar terjamin kualitas dan mutunya, masuk dalam daftar hitam di pasar luar negeri. Hal ini tentu akan mempersulit ekspor kopi.

Baca Juga : Industri Kopi Nasional Harus Lebih Agresif Pasarkan Produk ke Pasar Global

Untuk menjawab tantangan ini, pengembangan kopi berdasarkan indikasi geografis dinilai bisa menjadi jawaban untuk garansi mutu kopi Indonesia.

“Itulah misinya indikasi geografis. Kami memberi jaminan bahwa kopi yang menggunakan nama wilayah dengan standar kualitas maksimal dari wilayah itu dilindungi secara hukum,” ujarnya.

Ia menjelaskan, dengan adanya indikasi geografis, maka pihak yang melakukan pemalsuan bisa dijerat secara hukum dengan ancaman hukuman penjara hingga 4 tahun dan denda Rp2 miliar.

Baca Juga : Indikasi Geografis Jamin Kualitas & Keaslian Produk

Namun demikian, untuk itu kopi-kopi berkualitas tinggi ini memerlukan sertifikasi untuk memastikan jaminan mutunya. Sayangnya, biaya yang dibutuhkan tidak murah, yakni minimal Rp 90.000 untuk arabika dan Rp 45.000 untuk robusta.

“Jadi, barangkali yang kita pikirkan ke depan kita juga harus mencari segmen yang diterima dengan harga premium dan kualitas bagus. Karena kopi kita punya potensi rasa bagus dan ini barangkali kekuatan kita ke depan” tutupnya.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan