Komoditas Bawang Putih Berpengaruh Besar Terhadap Inflasi

Naik Turunnya Harga Komoditas Bawang Putih Pengaruhi Inflasi
(Selain bawang merah, bawang putih juga berpengaruh signifikan terhadap inflasi. Image : Pomidor)

Pomidor.id – Rencana pemerintah melalui Perum Bulog untuk mendatangkan bawang putih sebanyak 100 ribu ton dari China, tak terlepas dari pengaruhnya terhadap inflasi. Terutama saat harga komoditas bawang putih melonjak.

Demikian dikatakan Direktur Sayuran dan Tanaman Obat Kementerian Pertanian, Moh. Ismail Wahab. Karena itu, ia menjelaskan pergerakan harga komoditas bawang putih ini terus dipantau pemerintah agar stabil.

“Kita juga sedang mengejar luas tanam melalui APBN, wajib tanam importir, investor dan swadaya petani guna mewujudkan swasembada,” ujar Ismail, Senin (25/3).

Baca Juga : Percepat Swasembada Bawang Putih, Importir Wajib Gandeng Petani

Guna mewujudkan swasembada bawang putih, Ismail menyebutkan luas tanam sekitar 10 ribu hektar pada 2018. Hasilnya diproses dijadikan benih untuk ditanam lagi pada 2019. Selanjutnya hasil panen 2019 dijadikan benih dan ditanam lagi 2020 dengan luas 3 kali lipat setiap tahunnya.

“Jadi kebutuhan konsumsi dalam negeri saat ini hingga 2021 masih diperoleh dari impor karena produksi dalam negeri dijadikan benih untuk ditanam lagi pada areal yang lebih luas,” sebutnya.

Ismail menambahkan, para importir diharuskan wajib tanam dan berproduksi 5 persen dari usulan volume impornya. Para importir patuh dengam wajib tanam. Buktinya sekarang realisasi wajib tanam di atas 5 ribu hektar.

Baca Juga : Kementan Ancam Blacklist Importir Bawang Putih yang Lakukan Kartel

Bagi importir yang mangkir tidak tanam, pastinya di-blacklist terus dilaporkan ke Satgas Pangan Polri untuk diproses lebih lanjut. Setidaknya ada 25 importir yang tengah diproses.

“Saya juga minta Satgas KPK dan Satgas Pangan Polri agar menelusuri aksi pat gulipat para mafia importir bawang putih yang nakal beserta seluruh afiliasi, konco-konco dan jaringannya,” beber Ismail.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan